PESAN DAKWAH MELALUI KONTEN TIKTOK (Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Akun Tiktok @Basyasman00)

Nowidiayanti, Evi (2021) PESAN DAKWAH MELALUI KONTEN TIKTOK (Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Akun Tiktok @Basyasman00). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Evi Nowidiayanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nowidiayanti, Evi. 2021. Pesan Dakwah Melalui Konten Tiktok (Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Akun Tiktok @Basyasman00). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.

Kata Kunci : Pesan, Dakwah, Tiktok dan @Basyasman00
Dakwah mengambil peran penting dalam berlangsungnya tatanan masyarakat yang rukun, damai dan tentunya sesuai dengan ajaran Islam. Pesan, pelaku dan sarana dakwah merupakan elemen utama dalam proses dakwah. Pesan dakwah merupakan seluruh materi yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits yang menjadi petunjuk dan sumber ajaran pokok agama Islam. Salah satu da’i populer di kalangan remaja adalah Husain Basyaiban yang merupakan mahasiswa dan pendakwah muda yang melakukan inovasi terbaru dengan cara berdakwah melalui aplikasi tiktok dengan nama akun @Basyasman00, sebagai pendakwah muda sasaran yang ia tuju adalah kalangan remaja dengan menghadirkan tema-tema dakwah menarik yang menyangkut problem anak muda. Dari paparan tersebut dapat ditarik rumusan masalah yang berupa 1) Bagaimana pesan dakwah aqidah 2) Bagaimana pesan dakwah akhlak 3) Bagaimana pesan dakwah syari’ah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan isi vidio pada akun tiktok @Basyasman00. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling dengan fokus penelitian pada unggahan vidio dakwah pada momen ramadhan dengan alasan mempermudah dalam pengambilan sampel karna terdapat patokan tanggal dalam pengambilan vidio secara jelas.
Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat pesan dakwah yakni pesan aqidah meliputi iman kepada Allah yang merupakan bentuk keyakinan dan keta’atan seorang hamba terhadap ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT, iman kepada kitab-kitab Allah yang menjelaskan keyakinan terhadap adanya kitab-kitab Allah yang berisi hukum-hukum dan ajaran agama. pesan akhlak meliputi akhlak kepada Allah yang merupakan ikhlasnya seorang hamba terhadap ketentuan dan perintah Allah dengan lapang dada. Akhlak kepada manusia yang membahas bentuk tabiat, perilaku, tindakan dan ucapan terhadap makhluk lain dan akhlak kepada alam sekitar yang merupakan bentuk sikap dan perilaku terhadap lingkungan hidup. Terakhir pesan syari’ah ibadah yang merupakan peraturan-peraturan dari Allah yang terdiri dari rukun Islam yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh.Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:05
Last Modified: 25 Oct 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item View Item