(Pengesahan skripsi blm ada, upload cover luar saja, PDF kan)..Pengaruh Zakat Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2013-2019

Isnaini, Anni Nur (2020) (Pengesahan skripsi blm ada, upload cover luar saja, PDF kan)..Pengaruh Zakat Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2013-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210816051_ANNI NUR ISNAINI ethese.docx

Download (997kB)

Abstract

ABSTRAK
Isnaini, Anni Nur. 2020. Pengaruh Zakat Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2013-2019. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Shinta Maharani, S.E., M.AK.

Kata Kunci: Zakat, Profitabilitas, Dana Kebajikan, Return On Asset (ROA)

ROA sangat penting bagi kinerja bank karena ROA merupakan suatu alat pengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan secara keseluruhan. Peningkatan ROA dipengaruhi besar kecilnya Zakat. Peningkatan ROA juga tidak terlepas dari meningkatnya CSR. Akan tetapi, peningkatan Zakat dan CSR terkadang tidak disertai meningkatnya ROA dikarenakan pengeluaran operasional bank yang meningkat. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) menguji pengaruh zakat terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia yang di ukur menggunakan Return On Asset (ROA, (2) menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia yang di ukur menggunakan Return On Asset (ROA, (3) ) menguji pengaruh zakat dan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia yang di ukur menggunakan Return On Asset (ROA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang ada di Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang diambil yaitu sebanyak lima bank umum syariah Syariah (BRIsyariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah) periode 2013-2019. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan periode 2013-2019 yang diakses melalui situs resmi pemerintah www.ojk.go.id. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) uji normalitas data, (2) uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji Autokorelasi Metode Run Test, uji linieritas (3) analisis regresi linier berganda, (4) uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, serta (5) uji koefisien determinasi (R)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) zakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia yang di ukur menggunakan Return On Asset (ROA) dengan nilai thitung sebesar 1,652 <1,690 hal ini berati ada pengaruh, (2) corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia yang di ukur menggunakan Return On Asset (ROA dengan nilai thitung sebesar 5,849> 1,690 hal ini berati ada pengaruh, (3) zakat dan corporate social responsibility (CSR) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bank umum syariah di Indonesia yang di ukur menggunakan Return On Asset (ROA pada bank umum syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: shinta maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 06:19
Last Modified: 24 Nov 2020 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item