Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Susilowati, Susilowati (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616026 SUSILOWATI REVISI 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susilowati, 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa
Kelas II di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Ajaran
2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar, Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya minat belajar dan
keaktifan siswa, serta siswa yang tidak percaya diri dalam menyelesaikan soal
ataupun masalah matematika. Dalam proses pembelajaran, fenomena tersebut
akan berdampak pada hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Oleh karena
itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran
Think Pair Share. Dimana penelitian ini akan menuntut siswa untuk
mengeksplorasi pengetahuan dengan pasangannya dan mempresentasikan hasil
kerjanya, sehingga siswa akan lebih percaya diri, mudah memahami apa yang
dipelajarinya dan hasil belajarpun meningkat.
Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui
bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas II yang menggunakan model
pembelajaran think pair share dan model pembelajaran konvensional di SD
Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (2) Untuk
mengetahui ada perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model
pembelajaran think pair share dan pembelajaran konvensional siswa pada mata
pelajaran matematika siswa Kelas II di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo
Tahun Ajaran 2019/2020, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika siswa kelas II di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo tahun
Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen semu, serta menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa
dokumentasi dan tes. Dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk
memperkuat data penelitian yang berupa data nilai siswa, gambar atau foto yang
menggambarkan kegiatan penelitian, serta arsip-arsip mengenai SD Tarbiyatul
Islam Kertosari Ponorogo. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil
belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dengan
menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 5,906 > ttabel = 1,685 pada taraf
signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II di
SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:00
Last Modified: 23 Nov 2020 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item