Maysaroh, Siti (2025) Pengaruh Kecemasan Matematis dan Intensitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Self Assessment Siswa di SDN 2 Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
![]() |
Text
SITI MAYSAROH_203210206_PGMI_UPLOAD SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Maysaroh, Siti. 2025. Pengaruh Kecemasan Matematis dan Intensitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbasis Self Assessment Siswa di SDN 2 Jurug Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata Kunci: Kecemasan Matematis, Intensitas Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemecahan masalah. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi dan pra survei di SDN 2 Jurug, diketahui bahwa hanya 37% siswa yang menguasai kemampuan pemecahan masalah matematis, yang disebabkan oleh rendahnya intensitas belajar dan tingginya kecemasan terhadap matematika. Kecemasan matematis dapat menghambat konsentrasi dan menurunkan kepercayaan diri siswa, sementara intensitas belajar yang rendah membuat siswa kurang terlibat aktif dalam memahami materi. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk mengkaji pengaruh kecemasan matematis dan intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbasis self assessment.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis self assessment. 2) menganalisis pengaruh intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis self assessment. 3) menganalisis pengaruh secara simultan antara kecemasan matematis dan intensitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis self assessment.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 53 yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 23.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) kecemasan matematis berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis self assessment, dengan kontribusi sebesar 31,2%. 2) intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis self assessment, dengan kontribusi sebesar 17,6%. 3) kecemasan matematis dan intensitas belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berbasis self assessment, dengan kontribusi bersama sebesar 37,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hestu Wilujeng |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 03:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 03:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/33447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |