Komparasi Hasil Belajar Fikih Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT), dan Konvensional Berbasis Wordwall pada Kelas XI di MAN 3 Madiun

Nurmalasari, Farida (2025) Komparasi Hasil Belajar Fikih Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT), dan Konvensional Berbasis Wordwall pada Kelas XI di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201210135_FARIDA NURMALASARI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan bentuk perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah melalui proses pembelajaran. Hasil ini menjadi indikator sejauh mana siswa mampu menguasai materi yang telah disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan kata lain, hasil belajar mencerminkan tingkat keberhasilan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, pencapaian hasil belajar siswa masih tergolong rendah tidak mencapai KKM yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi di kelas. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang sesuai guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar Fikih antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Konvensional berbasis Wordwall pada siswa kelas XI di MAN 3 Madiun. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Fikih antara model pembelajaran Teams Games Tournament dan konvensional berbasis Wordwall pada siswa kelas XI di MAN 3 Madiun. (3) mengetahui perbedaan hasil belajar Fikih antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Teams Games Tournament berbasis Wordwall pada siswa kelas XI di MAN 3 Madiun.
Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis komparasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI A, B dan C MAN 3 Madiun yang berjumlah 49. Dalam pengumpulan data menggunkan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Ancova serta uji lanjut Bonferroni melalui SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan antara Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Wordwall dengan model Konvensional. (2) Ada perbedaan antara Model Teams Games Tournament (TGT) berbasis Wordwall dengan model Konvensional. (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan antara model PBL dan TGT berbasis Wordwall. Dengan demikian, kedua model inovatif (PBL dan TGT) berbasis Wordwall dapat menjadi alternatif pembelajaran yang lebih dalam meningkatkan hasil belajar fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2025 08:13
Last Modified: 13 Jun 2025 08:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/33412

Actions (login required)

View Item View Item