..(LEMBAR PERSETUJUAN TIDAK PERLU TTD DI ATAS MATERAI, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Pengaruh Fomo, Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Impulse Buying Dalam Belanja Online Pada Generasi Z Di Mejayan

Permatasari, Suci (2025) ..(LEMBAR PERSETUJUAN TIDAK PERLU TTD DI ATAS MATERAI, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Pengaruh Fomo, Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Impulse Buying Dalam Belanja Online Pada Generasi Z Di Mejayan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401210291_SUCI DYAH AYU PERMATASRI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, terutama di era digital, telah meningkatkan popularitas platform belanja online di kalangan generasi Z (lahir 1997-2012). Meskipun belanja online menawarkan kemudahan, fenomena impulse buying muncul dan berdampak pada aspek ekonomi, psikologis, dan sosial remaja. Data menunjukkan bahwa 60% generasi Z di Indonesia melakukan pembelian impulsif setidaknya sekali sebulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tiga variabel psikologis seperti Fear of Missing Out (FoMO), kontrol diri, dan gaya hidup terhadap perilaku impulsive buying di Mejayan. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi ketiga variabel tersebut, yang belum banyak diteliti secara bersamaan dalam konteks generasi Z di Indonesia. Penelitian sebelumnya lebih banyak berfokus pada faktor individu atau ekonomi, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku konsumsi generasi Z. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif, diharapkan pelaku industri e-commerce dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan etis, serta generasi Z dapat lebih bijaksana dalam mengambil keputusan pembelian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel FoMO Nilai sig sebesar 0.000
< 0,05, dan nilai t hitung 5,812 > t tabel 1,664. Dengan demikian, dapat disimpulkan FoMO memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Impulse Buying. Artinya semakin tinggi FoMO maka semakin tinggi juga perilaku impulse buying. Kontrol diri Nilai sig sebesar 0.000 < 0,05, dan nilai t hitung - 5,999 < t tabel 1,664. Dengan demikian, dapat disimpulkan kontrol diri memiliki negatif dan signifikan terhadap perilaku Impulse Buying. Artinya semakin tinggi kontrol diri seseorang, semakin rendah perilaku impulse buying. Gaya hidup Nilai sig sebesar 0.000 < 0,05, dan nilai t hitung 6,542 > t tabel 1,664. Dengan demikian, dapat disimpulkan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Impulse Buying. Artinya semakin konsumtif gaya hidup seseorang maka semakin tinggi perilaku impulse buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2025 05:03
Last Modified: 05 Jun 2025 05:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/33111

Actions (login required)

View Item View Item