Aini, Rachmatul Nabila Nur (2025) Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) Melalui Kegiatan Uji Publik Di MTs Ma'arif Sukosari Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
![]() |
Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (PPRA) MELALUI KEGIATAN UJI PUBLIK DI MTS MA'ARIF SUKOSARI BABADAN PONOROGO.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penguatan karakter siswa melalui Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin menjadi semakin penting. Untuk memenuhi kebutuhan serta dalam menciptakan generasi yang berkarakter unggul, Program Uji Publik muncul sebagai salah satu upaya inovatif yang bertujuan memadukan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) ke dalam proses pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan uji publik di MTs Ma'arif Sukosari Babadan Ponorogo, (2) mendeskripsikan kontribusi uji publik sebagai pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan profil pelajar rahmatan lil alamin (PPRA) di MTs Ma'arif Sukosari Babadan Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Objek yang diteliti adalah siswa MTs Ma’arif Sukosari berfokus pada kelas vii. Penelitian ini menggunakan strategi dalam proses pengumpulan data, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program uji publik mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang melibatkan tim fasilitator dari guru, masyarakat, dan tokoh agama untuk merancang modul dan memastikan keefektivitasannya. Kegiatan uji publik dilaksanakan sebulan sekali selama setahun, kegiatan ini memberikan dampak positif pada motivasi, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan akademik dan karakter siswa, sekaligus mempererat hubungan madrasah dengan masyarakat. (2) Program uji publik di MTs Ma'arif Sukosari berkontribusi membentuk karakter siswa melalui P5 dan PPRA, sekaligus memperkuat hubungan madrasah dengan masyarakat, di mana partisipasi masyarakat mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman langsung bagi siswa. program ini menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul Wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 May 2025 05:30 |
Last Modified: | 23 May 2025 05:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |