Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha dan Minat Siswa terhadap Kedisiplinan Belajar Akidah Akhlak di Kelas VII, Mts Ma'arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo

Swara, Kinarsih (2025) Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha dan Minat Siswa terhadap Kedisiplinan Belajar Akidah Akhlak di Kelas VII, Mts Ma'arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
KINARSIH NANDA SEKAR SWARA_201210209_PAI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Swara, Kinarsih Nanda Sekar. 2025. Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha dan
Minat Siswa terhadap Kedisiplinan Belajar Akidah Akhlak Kelas VII, MTs Ma'arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Pembiasaan Shalat Dhuha, Minat Siswa, Kedisiplinan Belajar Akidah Akhlak.
Kedisiplinan belajar merupakan aspek penting dan mutlak yang membantu siswa mengembangkan pengendalian diri selama proses belajar mengajar dan menjadi salah satu prosedur dalam keberhasilan pendidikan. Kedisiplinan belajar masih menjadi masalah di beberapa lembaga pendidikan, yang disebabkan oleh kurangnya kegiatan pembiasaan yang efektif serta rendahnya minat siswa terhadap proses pembelajaran. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah untuk membantu siswa dalam mengembangkan rutinitas belajar yang efektif, mengatur waktu dengan baik, serta meningkatkan minat mereka terhadap pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih disiplin, fokus, dan siap menghadapi tantangan akademik maupun masa depan secara lebih percaya diri dan sukses.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui signifikansi pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan belajar kelas VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo; (2) mengetahui signifikansi minat siswa terhadap kedisiplinan belajar kelas VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo; (3) mengetahui signifikansi pengaruh pembiasaan shalat dhuha dan minat siswa terhadap kedisiplinan belajar kelas VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah 82 responden atau semua siswa kelas VII yang ada di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dalam bentuk kuisioner. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier berganda.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) pembiasaan shalat dhuha berpengaruh secara signifikan sebesar 22,5% terhadap kedisiplinan belajar akidah akhlak kelas VII, (2) minat siswa berpengaruh secara signifikan sebesar 25,1% terhadap kedisiplinan belajar akidah akhlak kelas VII, (3) pembiasaan shalat dhuha dan minat siswa berpengaruh secara signifikan sebesar 31,8% terhadap kedisiplinan belajar akidah akhlak kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 May 2025 07:45
Last Modified: 16 May 2025 07:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32543

Actions (login required)

View Item View Item