Bintara, Yoga Putra (2025) Marketing Funnel Dalam Membangun Brand Image Biro Travel Umroh Dan Haji Di Jawa Timur. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
![]() |
Text
501230014_Yoga Putra Bintara_Ekonomi Syariah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Brand image menjadi elemen penting untuk menarik calon jamaah dalam
membangun kepercayaan. Brand image yang kuat tentu dapat dibangun dengan
implementasi strategi marketing yang baik salah satunya marketing funnel.
Berdasarkan preliminary study yang dilakukan di biro umroh haji Jawa Timur yaitu
Samira Ali Travel, Hayyan Group, dan Aqua Tour ditemukan permasalahan yaitu
implementasi strategi yang belum optimal, ketidaksesuaian dengan tahapan
customer journey dan kurangnya pemanfaatan platform digital secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan marketing funnel
dalam membangun Brand image biro umroh dan haji di Jawa Timur, menganalisis
argumentasi biro umroh dan haji di Jawa Timur dalam menggunakan marketing
funnel dalam membangun brand image, serta untuk mengetahui dampak marketing
funnel dalam membangun brand image biro umroh dan haji di Jawa Timur
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan
deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak
biro perjalanan dan jamaah dari masing masing biro serta analisis dokumen terkait
strategi pemasaran yang telah dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing funnel
pada Biro Umroh di Jawa Timur menunjukkan hasil yang cukup baik dalam
membangun brand image. Penerapan strategi ini melibatkan tahapan Attract,
Convert, Close, dan Delight yang terstruktur dan didukung oleh penggunaan media
digital. Ketiga biro berhasil menciptakan komunikasi personal dengan calon
pelanggan, memberikan edukasi yang terstruktur, serta memastikan loyalitas
pelanggan melalui pendekatan yang sistematis. Berdasarkan hasil analisis, strategi
marketing funnel terbukti berpengaruh positif terhadap pembentukan brand image,
yang ditunjukkan melalui peningkatan kesukaan, kekuatan, dan keunikan merek
biro di mata pelanggan, serta keberhasilan menciptakan hubungan jangka panjang
yang mendukung keberlanjutan bisnis.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Marketing funnel, Brand Image
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Amin Wahyudi Luhur Prasetyo |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:53 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |