Wijayanti, Septiyan Ningrum (2025) Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas VIII, SMPN 1 Jenangan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
![]() |
Text
201210411_SEPTIYAN NINGRUM WIJAYANTI_PAI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Wijayanti,Septiyan Ningrum. 2025. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi Dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Kelas VIII, SMPN 1 Jenangan, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Lingkungan Belajar, Motivasi Berprestasi
Motivasi berprestasi merupakan dorongan dari internal untuk berupaya mencapai kesuksesan dan mengembangkan potensi diri yang bertujuan untuk meraih sebuah prestasi. Motivasi berprestasi merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik, namun berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, melalui wawancara dan juga mengamati dalam kelas VIII di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo terdapat kurangnya partisipasi siswa dalam kelas, rendahnya kepercayaan diri, serta kurang optimalnya dukungan lingkungan belajar menjadi dasar penelitian ini. Motivasi Berprestasi dipengaruhi oleh berbagai aspek, di antaranya efikasi diri dan lingkungan belajar. Efikasi diri berkaitan dengan keyakinan individu terhadap kemampuannya, sementara lingkungan belajar mencakup berbagai faktor eksternal yang mendukung atau menghambat proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui signifikansi pengaruh efikasi diri terhadap Motivasi berprestasi di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo; (2) Mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan belajar terhadap Motivasi berprestasi di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo; (3) Mengetahui signifikansi pengaruh efikasi diri dan lingkungan belajar terhadap Motivasi berprestasi di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka. Populasi pada penelitian ini sejumlah 214 anak. Untuk sampel yang diambil oleh peneliti sejumlah 138 anak dengan teknik random sampel. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa angket atau kuisioner. Analisis penelitian ini menggunakan teknis analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan dari analisis diatas ditemukan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo, dalam kategori rendah dengan prosentase 38,7%. (2) lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo, dalam kategori rendah dengan prosentase 39,6%. (3) efikasi diri dan lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa di SMPN 1 Jenangan, Ponorogo, dengan prosentase 46,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:47 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |