pengaruh kontrol diri dan lingkungan pendidikan terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas xii di sman 2 ponorogo tahun ajaran 2024/2025

Ramdhani, Abdurrahman Ali (2025) pengaruh kontrol diri dan lingkungan pendidikan terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas xii di sman 2 ponorogo tahun ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201210004_ABDURRAHMAN ALI RAMDHANI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pencegahan konflik antarumat beragama penting dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia melalui sikap toleransi. Toleransi beragama mencakup saling menghormati keyakinan dan kebebasan dalam menjalankan ajaran agama. Sikap ini perlu ditanamkan sejak dini kepada peserta didik agar terbiasa menghormati perbedaan. Sebagai generasi penerus bangsa, mereka diharapkan mampu menjaga kerukunan dalam masyarakat yang majemuk. Sikap toleransi beragama menjadi perhatian penting bagi SMAN 2 Ponorogo untuk mewujudkan pendidikan multikultural. Berdarsarkan hasil pengamatan peneliti masih terdapat siswa yang menunjukkan belum optimalnya sikap toleransi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya masih terdapat siswa yang mengikuti pembahasan agama sebagai candaan di media sosial. Penggunaan istilah “login” untuk menyinggung keyakinan teman. Selain itu, beberapa siswa lebih memilih bekerja sama dalam kelompok dengan teman seagama dibandingkan dengan yang berbeda agama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) signifikansi pengaruh kontrol diri terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas XII di SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025, (2) signifikansi pengaruh lingkungan pendidikan terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas XII di SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025, (3) signifikansi pengaruh kontrol diri dan lingkungan pendidikan terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas XII di SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Data diperoleh melalui kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier sederhana dan berganda. Populasi pada penelitian ini sebanyak 356 siswa, dengan sampel sejumlah 189 siswa. Kemudian teknik sampling yang dipilih adalah teknik simple random sampling.
Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkanbahwa: (1) Kontrol diri siswa berpengaruh secara signifikan terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas XII SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025 dengan persentase sebesar 42,2%. (2) Lingkungan pendidikan berpengaruh terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas XII SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025 dengan persentase 38,9%. (3) Kontrol diri dan lingkungan pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap toleransi beragama siswa kelas XII SMAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025 dengan persentase 44,9% .

Kata Kunci: Kontrol Diri, Lingkungan Pendidikan, Sikap Toleransi Beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 May 2025 03:00
Last Modified: 14 May 2025 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32460

Actions (login required)

View Item View Item