Hidayattulloh, Arif (2025) Internalisasi Nilai Keagamaan pada Siswa melalui Program Literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Slogohimo Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
![]() |
Text
201210059_Arif Hidayattulloh_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (3MB) |
Abstract
Internalisasi nilai keagamaan pada siswa menjadi hal yang sangat penting di era globalisasi saat ini untuk menangkal dampak buruk dari kemajuan teknologi, selain itu hal ini menjadi penting karena banyak dari orang tua siswa yang kurang dalam menanamkan nilai keagamaan pada anaknya, di satu sisi banyak dari siswa yang juga salah dalam memilih teman pergaulan. Internalisasi nilai keagamaan ini bisa dilakukan salah satunya melalui program literasi Al-Qur’an. Berbagai penelitian tentang internalisasi nilai keagamaan telah banyak dilakukan, namun belum ada yang mengambil fokus pada program literasi Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, (1) Implementasi, (2) Faktor pendukung dan penghambat, dan (3) Dampak dari internalisasi nilai keagamaan pada siswa melalui program literasi Al-Qur'an di SMA Negeri 1 Slogohimo Wonogiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Implementasi internalisasi nilai keagamaan pada siswa melalui program literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Slogohimo Wonogiri dilakukan dengan cara bapak/ibu guru memberikan peneladanan dengan ikut membaca Al-Qur’an pada jam literasi, pemotivasiaan dengan memberi motivasi untuk selalu membaca Al-Qur’an serta manfaat dari membaca Al-Qur’an, pembiasaan dengan selalu konsisten ikut membaca Al-Qur’an, penegakan aturan dengan menghukum siswa yang tidak mau membaca Al-Qur’an, ibrah dan amtsal dengan memberi pembelajaran kisah inspiratif di Al-Qur'an, targhib wa tarhib dengan memberi nasehat berupa janji dan ancaman Allah bagi orang yang mau dan tidak mau membaca Al-Qur'an. (2) Faktor pendukung program ini yaitu: minat dan motivasi siswa yang tinggi dalam belajar agama, disediakannya fasilitas berupa Al-Qur’an dan Iqro’, dukungan dari pimpinan dan lingkungan sekolah, adanya kesadaran siswa, dan adanya teman yang aktif membaca. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: rasa malas siswa, banyak siswa yang membaca Al-Qur’an lewat handphone, adanya keterpaksaan, serta waktu literasi yang terlalu singkat. (3) Dampak dari program literasi Al-Qur’an ini meliputi: siswa semakin lancar membaca Al-Qur’an, siswa semakin paham makharijul huruf dan ilmu tajwid, semakin bertambahnya hafalan siswa, banyaknya siswa yang melakukan sholat berjamaah di masjid sekolah, adab siswa yang semakin baik, kebersihan kelas semakin terjaga, banyaknya siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Rohis, dan selalu mengawali kegiatan dengan berdoa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Arif Wibowo |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |