Nurhidayah, Alvia (2025) Tinjauan Normatif Terhadap Strategi Marketing Praktik Fake Order Ditinjau Dari Hukum Islam dan Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia (Studi Kasus pada Platform E-Commerce Lazada, Shopee, dan TikTok Shop). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
![]() |
Text
Alvia Nurhidayah-102210016-Etheses-fiks.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nurhidayah, Alvia 2025. Tinjauan Normatif Terhadap Strategi Marketing Praktik Fake Order Ditinjau Dari Hukum Islam dan Hukum Perlindungan Konsumen Di Indonesia (Studi Kasus pada Platform E-Commerce Lazada, Shopee, dan TikTok Shop). Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Soleh Hasan Wahid, M.H.
Kata Kunci/Keywords: Hukum Islam, Perlindungan Konsumen, Fake Order, Platform E-Commerce
Akad ijārah bil al-amāl dianggap sah apabila telah terpenuhi syarat dan rukunnya. Salah satu dari syarat akad ijārah adalah manfaat dari objek yang disewakan harus sesuatu yang diperbolehkan oleh syarak. Tidak hanya dalam hukum Islam, dalam UU Nomor 1 tahun 2024 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE yang merupakan dasar hukum utama bagi transaksi perdagangan yang menggunakan media elektronik. Pasal 9 UU ITE menjelaskan bahwa “Pelaku usaha yang menawarkan produk melalui Sistem Elektronik harus menyediakan informasi yang lengkap dan benar berkaitan dengan syarat kontrak, produsen, dan produk yang ditawarkan”. Sementara itu, pada Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 19998 mengatur hak-hak konsumen. Namun dalam transaksi jual beli online, pembeli yang tidak dapat melihat kondisi barang secara langsung dan harus bergantung pada review yang diberikan konsumen lain untuk melihat kualitas toko tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum perlindungan konsumen di Indonesia terhadap pelaku usaha yang menggunakan strategi marketing fake order? Bagaimana straregi platform e-commerce dalam mengatasi pelaku usaha yang menggunakan strategi marketing melalui kebijakan internal dan sistem penilain perspektif hukum Islam dan hukum perlindungan konsumen di Indonesia?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan normatif dan pendekatan etnografi digital. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini dalah metu induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi strategi fake order dalam akad ijārah bil al-amāl tidak sesuai dengan rukun dan syarat ijārah bil amāl. Sedangkan dalam perlindungan konsumen hak konsumen, melanggar kewajiban pelaku. Strategi kebijakan e-commerce yang diterapkan oleh ketiga platform e commerce telah memenuhi prinsip akad ijārah bil al-amāl dan telah memenuhi penyelenggara sistem elektronik pada UU ITE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Soleh Hasan Wahid |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 06:39 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 06:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/32173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |