Nuryanti, Dwi (2022) Manajemen Pembelajaran pada Era New Normal (Penelitian Kualitatif di SMA `BAKTI` Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI 206180086 DWI NURYANTI-dikonversi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Era new normal saat ini mengharuskan lembaga pendidikan untuk mengubah sistem
pembelajarannya. Dalam hal ini manajemen pembelajaran sangat diperlukan untuk menata
ulang pelaksanaan pembelajaran. Perubahan yang terjadi berdampak pada proses
pembelajaran yang nantinya akan mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga
dalam hal ini persiapan pelaksanaan pembelajaran harus diatur secara matang dengen
mempersiapkan perangkat pembelajaran hingga guru sebagai pemimpin utama dalam proses
pembelajaran.
Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1)
Perencanaan pembelajaran pada era new normal di SMA BAKTI Ponorogo. (2) Implementasi
pembelajaran pada era new normal di SMA BAKTI Ponorogo. (3) Evaluasi pembelajaran
pada era new normal di SMA BAKTI Ponorogo
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Dan teknik ini yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Penyusunan perangkat
pembelajaran pada era new normal di SMA BAKTI Ponorogo meliputi a) penyusunan
perangkat pendukung seperti program tahunan (Prota), program semester (Promes), dan
silabus mengalami dinamika sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kebijakan sekolah. b)
setiap guru mata pelajaran menyusun RPP dengan format RPP satu lembar yang memuat
materi, tujuan pembelajaran, metode dan media pembelajaran, serta penilaian hasil belajar, c)
sekolah menerapkan prokes dengan ketat dan berkoordinasi dengan orang tua terkait
pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan. (2)Pelaksanaan pembelajaran pada era new
normal di SMA BAKTI Ponorogo dimulai dengan a) mempersiapakan guru dalam
meningkatkan kompetensi dan kemampuan mengajar melalui IHT (in house training),
workshop, dan seminar yang diadakan oleh sekolah. b) sebelum pembelajaran dimulai guru
mempersiapkan materi dengan menyesuaikannya pada metode dan media pembelajaran yang
efektif. c)pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan terlebih dahulu guru mempersiapkan
kelas serta mempersiapkan siswa, guru memberikan pretest dan post test kepada siswa
mengenai materi yang telah disampaikan untuk meningkatkan pemahaman siswa (3) Evaluasi
pembelajaran pada era new nnormal dilakukan melalui evaluasi hasil pembelajaran yang
dilakukan dengan PH,PTS, PAS, dan PAT serta melalui evaluasi proses yang dilakukan satu
bulan hingga satu semester sekali serta evaluasi melalui rapat oleh kepala sekolah dan guru
mata pelajaran yang dilakukan setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. Hasil evaluasi
pembelajaran menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan
pada era new normal sudah berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya
namun masih ditemukan beberapa hambatan. Hambatan yang ada tidak menjadikan
penurunan pada prestasi siswa terbukti dengan pencapaian prestasi siswa siswinya dimana
dalam 2 tahun masa pandemi ini tidak sedikit siswa-siswinya yang mendapat prestasi pada
tingkat provinsi maupun nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |