Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMPN 1 Sawoo

Wahyuni, Elsa Tri (2022) Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gender dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMPN 1 Sawoo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180024_ELSA TRI WAHYUNI_TADRIS IPA (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran IPA.Seperti yang diketahui bahwa pembelajaran IPAmelibatkan berbagaiproses ilmiah, mulai dari menentukan hipotesis, melakukan penyelidikan dan penelitian, serta menemukan solusi atas permasalahan yang ditemukan. Kemampuan berpikir analitis mencakup tiga indikator yaitu kemampuan membedakan, mengorganisasikan dan menghubungkan.Berdasarkan observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam pembelajaran IPA di Ponorogo sudah cukup baik. Peserta didik memiliki sikap antusias yang tinggi dalam pembelajaran IPA. Namun, seringkali perempuan dianggap kurang memiliki daya analisis yang baik dalam pembelajaran IPA. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang melibatkan gender untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam pembelajaran IPA.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahuikemampuan berpikir analitis peserta didik berdasarkemampuan membedakan ditinjau dari segi gender (2) mengetahui kemampuan berpikir analitis peserta didik berdasar kemampuan mengorganisasikan ditinjau dari segi gender (3) mengetahui kemampuan berpikir analitis peserta didik berdasar kemampuan menghubungkan ditinjau dari segi gender.Penelitian ini merupakan penelitiankualitatifdeskriptif dengan jenis penelitian studi kasus atau sering disebut case study. Subyek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Sawoo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan tes, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gender berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis. Kemampuan berpikir analitis peserta didik perempuan lebih baik dibandingkan peserta didik laki-laki dalam pembelajaran IPA. Hal ini berdasarkan kemampuan membedakan, mengorganisasikan, dan menghububungkan. Perbedaan kemampuan berpikir analitis antara peserta didik perempuan dan laki-laki ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain lingkungan dan karakter peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:29
Last Modified: 29 Nov 2024 07:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item View Item