Ramdhania, Nur (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kesadaran Beragama Siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200157_Nur Ramdhania_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ramdhania, Nur . 2024. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kesadaran Beragama Siswa di Smk Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Kesadaran Beragama
Kesadaran beragama adalah hal yang dirasakan seseorang untuk memeluk atau beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan tujuan insaf atau suatu hal yang dirasakan seseorang dalam beribadah. Faktor – faktor yang mempengaruhi kesadaran beragama siswa dibagi menjadi 2 (dua) yaitu faktor internal dan eksternal. Pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah adalah faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar secara langsung maupun tidak langsung. Pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah memiliki dampak yang signifikan terhadap kesadaran beragama siswa dalam membentuk nilai – nilai, keyakinan dan praktik keagamaan yang lain. Keduanya harus saling memperkuat serta konsisten dalam mendukung siswa dalam beragama. Anak – anak yang dibesarkan dilingkungan dimana nilai – nilai keagamaannya dihargai dan diamalkan secara konsisten cenderung memiliki kesadaran beragama yang lebih tinggi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mempunyai tiga tujuan, pertama, untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesadaran beragama siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Kedua, mengetahui pengaruh lingkungn sekolah terhadap kesadaran beragama siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Ketiga, mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kesadaran beragama siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian ex post facto.Jumlah sampel dalam penelitian adalah 90 responden siswa SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier sederhana.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran beragama siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo diperoleh tingkat signifikansi atau probabilita 0,000<0,05 menunjukkan adanya pengaruh kontribusi terbesar 12,7%; (2) Lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran beragama siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo diperoleh tingkat signifikansi atau probabilitas 0,000<0,05 menunjukkan adanya pengaruh kontribusi terbesar19,7%;(3) pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran beragama siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo diperoleh tingkat signifikansi atau probabilitas 0,000<0,05menunjukkan adanya pengaruh kontribusi terbesar 22,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 02:39 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 02:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |