Andriana, Lutfi (2024) PENGARUH MARKETING SYARIAH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UMKM DI KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Ethesis fiks 2.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Volume Penjualan merupakan puncak kegiatan dalam seluruh kegiatan
perusahaan, oleh karena itu penjualan memegang peranan yang sangat penting bagi
UMKM sehingga berbagai upaya dilakukan agar produk yang ditawarkan baik itu
barang atau jasa dapat diterima oleh pasar yang tentunya akan memberikan penghasilan
bagi pelaku UMKM. Namun, sistem pemasaran saat ini masih dipandang sebelah mata
oleh sebagian besar pelaku bisnis, yang ternyata juga sangat berpengaruh terhadap
peningkatan volume penjualan. Sistem pemasaran sangat berpengaruh dalam
pencapaian volume penjualan yang maksimal, karena meskipun produk yang
ditawarkan sudah menarik, harga produknya baik, namun jika tidak disertai dengan
cara pemasaran yang tepat dan kualitas produk yang baik, penjualan tidak akan
meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial
maupun secara simultan syariah marketing dan kualitas produk terhadap volume
penjualan pada UMKM di Kecamatan Taman Madiun menggunakan metode
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik
simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel
independen yang digunakan yaitu Marketing Syariah dan kualitas produk Sedangkan
variabel dependennya yaitu volume penjualan. Teknik analisis data yang digunakan
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi
linier sederhana dan berganda, uji R square, uji F, dan uji t. Populasi penelitian ini
terdapat 142 sampel yang digunakan yaitu 59 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Marketing syariah berpengaruh
secara parsial terhadap Volume penjualan pada UMKM diperoleh nilai signifikasi
sebesar 0,019<0,05. Marketing Syariah berpengaruh positif terhadap volume penjualan
Artikanya jika menerapkan Marketing Syariah semakin tinggi pula volume penjualan
yang dihasilkan. 2). Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap volume
penjualan pada UMKM diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Kualita produk
berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Artinya jika kualitas produk yag
diberikan sangat baik maka semakin tinggi pula volume penjualan yang dihasilkan.3).
Secara simultan Marketing Syariah dan Kualitas produk berpengaruh terhadap volume
penjualan. Dibuktikan dengan uji f dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan
nilai koefisiein determinasi (Rsquare) sebesar 99,7% dan sisanya 0,03% dipengaruh
oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nurma Fitrianna |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 10:36 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 10:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |