Lestari, Widiya (2024) Peran Guru dalam Melatih Kedisiplinan Beribadah Anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205200035_Widiya Lestari_PIAUD.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Lestari, Widiya. 2024. Peran Guru dalam Melatih Kedisiplinan Beribadah Anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan Beribadah, Anak Usia Dini.
Peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting, guru harus mampu melatih kedisiplinan beribadah pada anak. Pentingnya kedisiplinan beribadah bagi anak ialah membentuk perilaku anak sesuai dengan kelompok sosialnya. Belum semua anak usia 5-6 tahun memiliki kedisiplinan beribadah yang baik. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo belum berkembang baik. Buktinya terdapat anak yang ramai ketika diberi contoh guru, menggangu temannya, tidak mematuhi aturan saat kegiatan beribadah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam melatih kedisiplinan beribadah anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo; (2) mendeskripsikan peran guru sebagai pelatih dalam melatih kedisiplinan beribadah anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo; (3) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan beribadah anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) peran guru sebagai pembimbing dalam melatih kedisiplinan beribadah anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo adalah guru memberikan teladan langsung kedisiplinan beribadah pada anak dengan bersungguh-sungguh, guru membimbing, mengingatkan, dan mengarahkan kedisiplinan beribadah anak dengan baik dan benar, guru berkolaborasi dengan orang tua terkait peraturan kedisiplinan beribadah di sekolah; (2) peran guru sebagai pelatih dalam melatih kedisiplinan beribadah anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo adalah guru menjadi model dan contoh bagi anak dengan menunjukkan sikap terpuji dalam kedisiplinan beribadah, guru melatih dan memperbaiki cara belajar anak dalam sikap disiplin beribadah, guru melatih kedisiplinan beribadah anak dengan metode pembelajaran yang berbeda; (3) tingkat kedisiplinan beribadah anak di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo mayoritas sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH), walaupun masih terdapat beberapa anak yang Mulai Berkembang (MB), dan terdapat anak yang sudah Berkembang Sangat Baik (BSB).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:33 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |