Sistem Penjaminan Mutu Internal Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Pesantren (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda)

Husna, Khamilatul (2020) Sistem Penjaminan Mutu Internal Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Pesantren (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis-2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pemerintah mengimplementasikan sistem penjaminan mutu sebagai tanggapan terhadap berbagai permasalahan mutu Indonesia. Namun hal ini memerlukan upaya internal lembaga pendidikan, terutama madrasah sebagai lembaga pendidikan yang berfokus pada ilmu umum dan ilmu agama serta adanya pelestarian nilai-nilai pesantren di dalamnya. Tulisan ini bertujuan untuk mempelajari proses penjaminan mutu internal madrasah mulai dari penetapan standar mutu, pemetaan mutu, perencanaan pemenuhan mutu, pemenuhan mutu, dan evaluasi pemenuhan mutu dengan dilandasi nilai-nilai pesantren yang tertanam di seluruh komponen madrasah. Studi dilakukan di MA Darul Huda Mayak Ponorogo. Studi ini mengadopsi pendekatan kualitatif melalui penelitian studi kasus berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Studi ini menemukan bahwa penetapan standar mutu MA Darul Huda mengacu pada SNP yang disesuaikan dengan visi misi dan kondisi madrasah. Pada pemetaan mutu, madrasah melakukan EDM untuk mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, peluang, ancaman dan rekomendasi yang tepat. Perencanaan pemenuhan mutu disusun berdasarkan hasil pemetaan mutu dalam bentuk RKM dan RKTM dalam berisi sasaran mutu, program, indikator keberhasilan penanggung jawab dan jadwal kegiatan serta sumber pendanaan dan anggaran. Pemenuhan mutu dirancang oleh penanggung jawab kegiatan dengan membentuk tim pelaksana kegiatan, teknis kegiatan, jadwal dan rincian anggaran. Evaluasi pemenuhan mutu didasarkan pada laporan terkait pelaksanaan kegiatan dan hasilnya, kendala serta rekomendasi untuk perbaikan kegiatan berikutnya. Nilai-nilai pesantren yang tertanam pada diri pemangku kepentingan madrasah memberikan pengaruh pada jalannya SPMI

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:13
Last Modified: 08 Jun 2020 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9999

Actions (login required)

View Item View Item