Pengaruh Budaya Sekolah dan Prestasi Siswa terhadap Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo)

Romjah, Binti (2020) Pengaruh Budaya Sekolah dan Prestasi Siswa terhadap Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211216046_BINTI ROMJAH.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Romjah, Binti. 2020. Pengaruh Budaya Sekolah dan Prestasi Siswa terhadap Citra Lembaga
Pendidikan (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Prestasi Siswa, Citra Lembaga Pendidikan
Citra lembaga pendidikan yang bagus merupakan wujud dari keseriusan para tenaga
pendidik dalam melaksanakan program pendidikan. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap
citra lembaga. Termasuk di dalamnya ada budaya sekolah dan prestasi siswa. Budaya sekolah
adalah program untuk membentuk karakteristik maupun sikap siswa yang bertauladan. Budaya
sekolah berpengaruh dalam membentuk kesungguhan siswa dalam belajar, sehingga akan
menumbuhkan banyak siswa yang berprestasi. Prestasi adalah bukti keberhasilan dari budaya
sekolah yang baik. Tanpa adanya budaya sekolah yang baik, para guru akan kesulitan dalam
mendapatkan kefokusan murid dalam belajar. Di MAN 2 Ponorogo mempunyai citra yang
bagus, karena bisa menerapkan budaya sekolah yang dapat membentuk siswa yang bertauladan,
sehingga siswanya banyak yang memperoleh prestasi. Oleh sebab itu budaya dan prestasi siswa
disekolah dapat memberikan citra yang positif terhadap lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh budaya sekolah terhadap citra
lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo, 2) Pengaruh prestasi siswa terhadap citra lembaga
pendidikan di MAN 2 Ponorogo, 3) Pengaruh budaya sekolah dan prestasi siswa terhadap citra
lembaga pendidikan di MAN 2 Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah
siswa dan wali murid siswa MAN 2 Ponorogo yang berjumlah 1145. Dengan melihat pendapat
Suharsimi Arikunto yaitu apabila subjeknya lebih dari 100, lebih baik mengambil 10-15% atau
20-25% atau lebih. Untuk memudahkan dalam melakukan penelitian, maka mengambil sampel
10% dari jumlah populasi 1145 yaitu 115 siswa. Pengumpulan data dengan angket dan
dokumentasi. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas
dengan menggunakan spearman brown, sedangkan untuk analisa data menggunakan rumus
anova 2 jalan dan untuk mencari prosentase seberapa persen pengaruh dari tiap varibel X
terhadap Y menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: 1) Budaya sekolah berpengaruh
secara signifikansi terhadap citra lembaga pendidikan MAN 2 Ponorogo, dibuktikan dengan
nilai Sig. 0.032 < 0.05, berpengaruh sebesar 11.5% terhadap citra lembaga pendidikan dan 88,5%
di pengarui oleh faktor lain. 2) Prestasi siswa berpengaruh secara signifikasi terhadap citra
lembaga pendidikan MAN 2 Ponorogo, dibuktikan dengan nilai Sig. 0.044 < 0.05, berpengaruh
sebesar 12.2% terhadap citra lembaga pendidikan dan 87.8% di pengarui oleh faktor lain. 3)
Budaya sekolah dan prestasi siswa berpengaruh secara signifikansi terhadap citra lembaga
pendidikan MAN 2 Ponorogo, dibuktikan dengan nilai Sig. 0.004 < 0.05, berpengaruh sebesar
22.7% terhadap citra lembaga pendidikan dan 77.3% di pengarui oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:43
Last Modified: 08 Jun 2020 03:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9986

Actions (login required)

View Item View Item