Implementasi Kegiatan Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Pkk Banjarjo Pudak Ponorogo

Ririn, Ririn (2020) Implementasi Kegiatan Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Pkk Banjarjo Pudak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIRIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
RIRIN.2020. Implementasi Kegiatan Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Di TK PKK Banjarjo Pudak Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Bermain outdoor, Perkembangan Motorik, Motorik Kasar.

Perkembangan fisik-motorik adalah perkembangan jasmani melalui kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi. Gerak tersebut berasal dariperkembangan reflek dan kegiatan yang telah ada sejaklahir. Dengan demikian, sebelum perkembangan gerakmotorik ini mulai berproses, maka anak akan tetap takberdaya. Di TK PKK Banjarjo Pudak Ponorogo masih banyaksiswa yang masih belum terampil dan masih perlu banyakyang dikembangkan dalam aspek motorik kasar seperti berlari, melompat, dan masih banyak anak yang masih perlu arahan dariguru agar anak tersebut baik saat pembelajaran.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Bentuk-bentuk kegiatan bermain outdoor di TK PKK Banjarjo Pudak Ponorogo. 2) Implementasi kegiatan bermain outdoor dalam mengembangkan motorik kasar di TK PKK Banjarjo Pudak Ponorogo. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan bermain outdoor untuk mengembangkan motorik kasar di TK PKK Banjarjo Pudak Ponorogo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data disimpulkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kegiatan bermain outdoor meliputi bermain APE luar seperti jungkat-jungkit, bola dunia dan ayunan, senam menggunakan musik, bermain permainan tradisional seperti engklek, egrang dan ular naga, mengamati tanaman dan menirukan jalan binatang. 2) Implementasi kegiatan bermain outdoor dalam mengembangkan motorik kasar yaitu dengan cara senam menggunakan musik setiap hari apabila halaman tidak basah dan bermain APE luar seperti jungkat-jungkit, bola dunia dan ayunan setiap hari pada saat istirahat.3) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan kegiatan bermain outdoor untuk mengembangkan motorik kasar yaitu semangat anak-anak mengikuti pembelajaran dengan antusias, selain itu juga motivasi dari kepala sekolah dan kekompakan guru untuk mencapai tujuan bersama sedangkan faktor penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan bermain outdoor untuk mengembangkan motorik kasar adalah faktor pembiayaan dan halaman yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: YULI SALIS HIJRIYANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:26
Last Modified: 11 Jun 2020 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9970

Actions (login required)

View Item View Item