Ardiani, Dian (2020) Desain Pembelajaan Al-Qur’an dalam Peningkatan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Watermark_Dian Ardiani.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
DESAIN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN
DALAM PENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA
AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUSSALAM SLAHUNG
Kunci: Desain Pembelajaran, Baca Al-Qur’an
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peranan penting pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam, di mana tingkat keberhasilan pembelajaran sangat didukung oleh metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan kebutuhan dan keadaan di lingkungan pendidikan setempat dan perkembangan akademik secara luas. Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam Slahung melakukan langkah inovatif dalam pembelajaran al-Qur’an, yaitu mendesain pembelajaran al-Qur’an dengan metode tilawati. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam Slahung Mendesain Pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa? (2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam al-Qur’an dalam mendesain pembelajaran al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa? (3) Bagaimana implikasi desain pembelajaran al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam Slahung? Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran Al-Qur’an Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam Slahung didesain dengan metode Tilawati. Desain metode pembelajaran tersebut dilakukan secara bertahap, mulai dari perencanaan, persiapan SDM, sosialisasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), persiapan sarana dan prasarana, serta rencana waktu pelaksanaan pembelajaran dan evaluasinya. Metode tilawati diaplikasikan dengan menggunakan pendekatan klasikal dan individual secara seimbang, Penilaiannya dengan evaluasi harian dan kenaikan jilid, (2) Berdasarkan analisis SWOT kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan desain ini berasal dari faktor internal (IFA) yakni dalam pelaksanaan yang meliputi kurangnya guru, kurangnya alokasi waktu, serta pengadaan sarana pendukung yang belum memadai, solusi yang diciptakan untuk menanggulanginya adalah dengan program pembinaan pembelajaran al-Qur’an pada wali murid (3) Desain pembelajaran Al-Qur’an Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam Slahung berimplikasi pada peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif dengan indikator keberhasilan penguasaan dan penerapan ilmu tajwid, makharij al- huruf, dan fashahah. Sedang dalam ranah afektif dengan indikator keberhasilan terbentuknya karakter akhlakul karimah pada siswa.
AL-QUR’AN DESIGN LEARNING
TO INCREASE STUDENT’S QUR’AN READING CAPACITY IN ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL MIFTAHUSSALAM SLAHUNG
Keywords: Design Learning, Reading the Qur'an
The study is motivated the important role of learning Qur'an in improving the quality of Islamic Education, where success of learning is strongly supported by effective learning method that regarding needs and circumstances of the local educational environment and academic development in general. Islamic Elementary School Miftahussalam Slahung made an innovative step in learning the Qur’an, namely tilawati method. The focus of this research discussed as follows: (1) How is al-Qur’an design learning of Islamic Elementary School Miftahussalam Slahung to enhance student’s Quran reading capacity? (2) What are the obstacles of al-Qur’an design learning of Islamic Elementary School Miftahussalam Slahung to enhance student’s Quran reading capacity? (3) How design learning implications affect Islamic Elementary School Miftahussalam Slahung student’s ability to read Qur’an? This research uses qualitative method with case studies approach. Data were collected through interview, observation and documentation. The data analysis technique utilizes steps of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research concludes that: (1) al-Qur’an learning in Islamic Elementary School Miftahussalam Slahung is designed by tilawati method. Design learning is done in stages; starting from planning, preparing the teacher, conveying the implementation plan known as Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), facilities procurements, time planned implementation and evaluation. Tilawati method applied equally using classical and individual approach, assessment applied through daily evaluations and the gradual level (jilid) increases. (2) Based on SWOT analysis implementation of this learning method encountered by internal factors which include; a lack of teachers, lack of time allocation, as well as inadequate procurement of supporting facilities. (3) Al-Qur’an design learning in Islamic Elementary School Miftahussalam Slahung has improve student’s abilities in cognitive realm of subject mastery, applied of tajwid, makharij al-huruf, and fashahah indicators. Besides, affective realm is showed with student’s success of character building namely akhlakul karimah indicators.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jun 2020 03:15 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 03:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9967 |
Actions (login required)
View Item |