STATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI SCHOOL BULLYING (STUDI KASUS MI AL-MUJAHIDIN DESA DADAPAN KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI)

Sholichati, Aina' Binti (2020) STATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI SCHOOL BULLYING (STUDI KASUS MI AL-MUJAHIDIN DESA DADAPAN KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210616044_Aina' Binti Sholichati.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Scholichati, Aina’ Binti, 2020. Strategi Sekolah Dalam Menangani School Bullying Kelas Atas Dan Kelas Bawah (Study Kasus MI Al-Mujahidin Desa Dadapan Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, sekolah, school bullying
MI Al-Mujahidin merupakan sekolah yang berada di desa dadapan kecamatan kendal kabupaten ngawi. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kasus school bullying kelas atas dan kelas bawah, strategi sekolah dalam menangani school bullying kelas atas dan kelas bawah, dan kendala sekolah dalam menangani school bullying kelas atas dan kelas bawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis studi kasus dengan menggunakan subjek penelitian kepala sekolah (Zaenuri, M.Pd.I), wali kelas 2 (Muhtarom, S.Pd.I), wali kelas 5 (Marsiti, S.Pd.I), wali kelas 3 dan guru olahraga (Munirul Ikhwan, S.Pd.I), siswa kelas 2 (salma), dan siswa kelas 5 (citra). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, dan kredibilitas data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat sedikit kasus school bullying kelas atas dan kelas bawah. Kasus school bullying kelas atas bentuk fisik (menyuruh,mencubit, mendorong, membentak, menjegal, berkelahi, meludahi), bentuk non-fisik (mengejek, menjahili, memberi julukan, berkata kotor (misuh), menyoraki, meneriaki), bentuk mental/psikologis (mempermalukan, memelototi, mencibir). Kasus school bullying kelas bawah bentuk fisik (menendang, mencubit, mendorong), bentuk non-fisik (mengejek, menjahili, memberikan julukan, berkata kotor (misuh), menyoraki), bentuk mental/psikologis (pengucilan terhadap siswa yang memiliki kepribadian yang berbeda dengan yang lainnya). Strategi sekolah dalam menangani school bullying kelas atas dan kelas bawah dengan menggunakan nilai-nilai pendidikan karakter berupa kegiatan belajar mengajar, ekstrakulikuler, dan budaya sekolah. Kendala dalam menangani school bullying kelas atas dan kelas bawah guru tidak merasakan kesulitan dalam menangani akan tetapi guru merasa bosan ketika harus menasehati setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:06
Last Modified: 08 Jun 2020 04:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9964

Actions (login required)

View Item View Item