Peran Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Minhaj SD Negeri 1 Tanjungrejo Badegan Ponorogo)

Taqiyah, Zumrotu Barotit (2020) Peran Kurikulum Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Minhaj SD Negeri 1 Tanjungrejo Badegan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ROROOOO.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Di zaman modern seprti sekarang ini, tentunya
pendidikan agama islam sangat diperlukan untuk membekali diri
peserta didik menjadi pribadi yang bermoral, salah satunya
dengan adanya madrasah diniyah. Madrasah diniyah merupakan
salah satu lembaga pendidikan keagamaan luar sekolah yang
diharapakan mampu secara menerus memberikan pendidikan
agama islam kepada anak didik yang yang tidak terpenuhi pada
jalur sekolah yang diberikan melalui sistem klasikal serta
dengan bantuan kurikulum yang sesuai akan membantu
berjalannya proses pembelajaran dengan baik dan mudah
diterima oleh peserta didik.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan kurikulum di madrasah diniyah Al-Minhaj SD
Negeri 1 Tanjungrejo Badegan Ponorogo. 2) untuk mengetahui
konsep kurikulum madrasah diniyah Al-Minhaj dalam
peningkatan mutu pendidikan agama Islam SD negeri 1
Tanjungrejo Badegan Ponorogo. 3) untuk mengetahui hasil
evaluasi kurikulum madrasah diniyah Al-Minhaj dalam
meningkatkan mutu pendidikan agama Islam SD negeri 1
Tanjungrejo Badegan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif
miles dan huberman, yang meliputi reduksi data, disply data,
dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Konsep
kurikulum di madrasah diniyah Al-Minhaj yang terdiri beberapa
komponen yaitu tujuan, materi, metode, dan evaluasi. 2)
Penerapan kurikulum yang ada di madrasah diniyah Al-Minhaj
dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari kementrian agama,
yaitu sejumlah buku keagamaan yang sudah sesuai dengan
standart kompetensi dan kompetensi dasar.3) Hasil penerapan
kurikulum di madrasah diniyah Al-Minhaj cukup baik sehingga
siswa mampu menerapkan nilai-nilai positif dalam diri siswa
dari segi ibadah, adab dan perbaikan nilai dalam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Nasrullah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2020 02:13
Last Modified: 08 Jun 2020 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item View Item