Alfiah, Siti (2020) Studi Komparasi Pendidikan Islam Anak Usia Dalam Perspektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_211116024_SITI ALFIAH.pdf Download (777kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alfiah, Siti. 2020. Studi komparasi pendidikan Islam anak usia dini dalam perspektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan.Skripsi.Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umi Rohmah, M. Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Islam anak usia dini, Al-Ghazali, Abdullah Nashih Ulwan
Pendidikan merupakan hal yang mendasar dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, karena pendidikan merupakan tempat penanaman moral, akhlak yang baik, kemandirian, serta pengetahuan yang lainnya. Dewasa ini, anak-anak sudah bisa mengoperasionalkan HP sendiri, meskipun tidak diberi secara pribadi, mereka memakai HP yang dimiliki oleh orang tuanya, yang di dalamnya bermacam aplikasi tersimpan seperti, YouTobe, Facebook, Instagram, Game online dan masih banyak lagi aplikasi yang tersimpan. Dengan demikian, pendidikan anak harus diperhatikan dengan baik, terutama pada penanaman moral, spiritual dan sosial. Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh pemikiran Islam klasik yang merupakan pemikir tasawuf serta banyak keahlian yang dikuasainya salah satunya di juluki sebagai Hujjatul Islam (pembela Islam) dan Imam al-Murabbin (Pakar bidang Pendidikan), sedangkan Abdullah Nashih Ulwan merupakan tokoh pemikiran modern di dalam dunia pendidikan. Beliau adalah orang pertama kali yang memperkenalkan mata pelajaran Tarbiyah Islamiyah yang digunakan sebagai pelajaran dasar di sekolah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui persamaan pendidikan Islam anak usia dini dalam perspektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan; (2) Untuk mengetahui perbedaan pendidikan Islam anak usia dini dalam perspektif Al-Ghazali dan Abdullah Nasih Ulwah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analisys). Langkah-langkah content analisys: (a) Merumuskan tujuan analisis; (b) Memilih unit analisis ; (c) Proses coding; (d) Input data analisis.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Persamaan Pendidikan Islam Anak Usia Dini menurut Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan adalah sama-sama mengajarkan anak tentang pendidikan spiritual yaitu mendekatkan diri kepada sang pencipta yakni Allah Swt, dalam metode pendidikan Islam anak usia dini sama-sama menggunakan beberapa metode yaitu metode keteladanan, dan metode metode cerita; (2) Perbedaan dari pendidikan Islam anak usia dini perspektif Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan yaitu terletak di dalam dalam kurikulum pendidikan yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Jun 2020 02:01 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 02:01 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9909 |
Actions (login required)
View Item |