Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Realia Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas 4 Mi Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Nuryana, Siti (2020) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Realia Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas 4 Mi Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURYANA(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nuryana, Siti, 2020. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Contextual Taeching And Learning Berbantuan Media Realia Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas 4 Mi Ma’arif Gandu Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaoyah IAIN Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Lunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Media Realia, Motivasi dan Hasil Belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan di latarbelakangi pengamatan langsung di kelas IV MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo. Realita di lapangan meniunjukkan bahwa model pembelajaran yang monoton, sehingga siswa kurang mengerti isi pembelajaran. Media pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa, guru hanya menggunakan media papan tulis dan buku ajar siswa, guru kurang kreatif dalam menciptakan media yang menarik perhatian siswa, sehingga yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar yang rendah.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan di MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo dan peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan di MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran CTL berbantuan media realia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Pecahan. Pada penelitian ini terdapat 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua yaitu materi pelajaran kemudian pada pertemuan ketiga yaitu tes akhir. Data penelitian berasal dari hasil tes, dan pengamatan motivasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. hal tersebut dibuktikan pada hasil data motivasi siswa pada siklus 1 sebesar 57%, pada siklus 2 sebesar 70%, dan pada siklus 3 sebesar 80%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 67%, pada siklus 2 sebesar 73%, sedangkan pada siklus 3 83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2020 01:57
Last Modified: 05 Jun 2020 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9906

Actions (login required)

View Item View Item