Upaya Penciptaan Budaya Religius melalui Penerapan Sistem Boarding School di SMA Bakti Ponorogo

Pratiwi, Aisyah (2020) Upaya Penciptaan Budaya Religius melalui Penerapan Sistem Boarding School di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316269 Aisyah Pratiwi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratiwi, Aisyah. 2020. Upaya Penciptaan Budaya Religius melalui Penerapan Sistem Boarding School di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kuci: Budaya, Religius, Boarding School

Penanaman nilai-nilai keagamaan yang baik yang dilakukan oleh orang tua membantu sekolah dalam rangka mewujudkan budaya religius di lembaga pendidikan. Lingkungan sekolah yang kental nilai-nilai Islam akan membiasakan siswa untuk bersikap dan berperilaku berdasarkan ajaran Islam pula. Dengan tujuan yang sama yaitu menimba ilmu dan mencapai kehidupan yang berdasarkan nilai-nilai Islam, sekolah yang menerapkan budaya religius melalui sistem boarding school menjadi pilihan untuk melahirkan generasi yang agamis.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep budaya religius di SMA Bakti Ponorogo, (2) memaparkan penerapan boarding school di SMA Bakti Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan dampak penerapan budaya religius melalui sistem boarding school di SMA Bakti Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang mana pada hakekatnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) konsep budaya religius SMA Bakti Ponorogo adalah pembiasaan pada anak didik yang pelaksanaanya tidak secara waktu tingkatannya namun bobot yang paling ringan adalah pembiasaan yang diawali dengan hal sederhana/ringan sampai yang agak berat yang penerapannya tercermin dalam aturan-aturan kegiatan rutin harian yang dilakukan secara disiplin dan tanggung jawab oleh seluruh warga SMA Bakti Ponorogo. (2) penerapan boarding school di SMA Bakti Ponorogo adalah menekankan pada pembentukan akhlak dan pendidikan nilai moral selain itu juga pembinaan keagamaan secara spesifik serta beberapa pelatihan keterampilan dalam rangka pengembangan pribadi santri. (3) dampak penerapan budaya religius melalui sistem boarding school di SMA Bakti Ponorogo adalah 1) religius yang ditunjukkan dalam sikap dan perilaku yang patuh terhadap ajaran agama, 2) disiplin dengan mematuhi setiap aturan yang ada di sekolah dan di asrama, 3) tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan kewajiban baik di sekolah dan di asrama, dan 4) sikap yang tertata dan terkontrol dalam hal memanage emosi baik kehidupan sehari-hari maupun proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2020 01:49
Last Modified: 05 Jun 2020 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9902

Actions (login required)

View Item View Item