Soby Muasaroh, Soby (2020) (WATERMARK BLM ADA)Pengaruh Lingkungan Masyarakat dan Lingkungan Sekolah terhadap Kepribadian Siswa di MTS Nurul MUjtahidin Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI SOBY MUASAROH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Soby Muasaroh, 2020. Pengaruh Lingkungan Masyarakat Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kepribadian Siswa Di MTS Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M. Pd.I..
Kata Kunci: Lingkungan Masyarakat, Lingkungan Sekolah, Kepribadian
Lingkungan masyarakat adalah semua manusia yang mempengaruhi perilaku seseorang, termasuk cara hidup atau bergaulnya, adat istiadat maupun agamanya. Lingkungan masyarakat mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak terutama dalam tingkah laku dan kepribadiannya. Selain lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah juga berpengaruh terhadap kepribadian anak. Lingkungan sekolah, yang merupakan tempat terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran mempunyai pengaruh yang besar terhadap kepribadian anak baik dalam berpikir, bersikap, maupun cara berperilakunya. Di sekolah, siswa harus mematuhi peraturan sekolah, ikut berpartisipasi, menjalin keakraban dengan teman-teman, bersikap hormat pada guru dan ikut membantu dalam mewujudkan tujuan-tujuan sekolah. Adanya aturan tersebut sebagai upaya untuk mendidik anak agar memiliki perilaku dan kepribadian yang baik. Akan tetapi, masih ada siswa yang belum bisa menunjukkan perilaku sesuai aturan tersebut. Sehingga dari kasus di atas, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan masyarakat terhadap kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Mlarak, (2) mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Mlarak, (3) mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Mujtahidin Mlarak.
Pendekatan dari penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah semua siswa yang berjumlah 85 anak.
Dari analisis data ditemukan: 1) ada pengaruh lingkungan masyarakat terhadap kepribadian siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo dengan F_hitung (18,375) > F_tabel (3,96), berpengaruh sebesar 16,6%. 2) ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo dengan F_hitung (14,676) > F_tabel (3,96), berpengaruh sebesar 15,0%. 3) ada pengaruh lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah terhadap kepribadian siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo dengan F_hitung (17,633) > F_tabel (3,11), berpengaruh sebesar 15,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wilis Werdiningsih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 06:46 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 06:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9888 |
Actions (login required)
View Item |