Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Sentra Main Peran DI TA Al-Manaar Al Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo

Ikasari, nur murni (2020) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Sentra Main Peran DI TA Al-Manaar Al Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211116023_MURNI NUR IKA SARI..pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
ikasari, nur murni 2020. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di TA AL-Manaar Al Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru, Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal, Anak Usia Dini, Kegiatan Sentra Main Peran
Salah satu kecerdasan yang tidak kalah penting dikembangkan pada anak usia dini adalah kecerdasan intrapersonal. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal yaitu dengan menggunakan metode sentra main peran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan (1) profil kecerdasan intrapersonal anak usia dini pada kegiatan sentra main peran di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo (2) langkah-langkah guru dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia dini melalui sentra main peran di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman serta diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) profil kecerdasan intrapersonal anak usia dini melalui kegiatan sentra main peran rata-rata sudah berkembang dengan baik, hal ini dilihat dari kesadaran diri anak dan tanggung jawab. a) kesadaran diri anak di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar sudah berkembang dengan baik, namun ada beberapa anak yang perkembangannya belum maksimal. b) tanggung jawab anak di TA Al-Manaar Al-Islamiyah sudah tertanam dengan baik. 2) langkah-langkah guru dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia dini melalui kegiatan sentra main peran yaitu dengan guru selalu melibatkan anak dalam semua kegiatan sentra, melibatkan orang tua dalam pembelajaran anak, selalu memotivasi dan memberi semangat kepada anak, guru berperan sebagai fasilitator dan motivator, menyiapkan cerita yang menarik untuk diperankan oleh anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:30
Last Modified: 04 Jun 2020 07:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9853

Actions (login required)

View Item View Item