Internalisasi Nilai Cinta Damai Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Untuk Mencegah Bullying Di Lingkungan Pesantren (Studi Kasus Di Pondok PSM Takeran-Magetan)

Sari, Robi'ah Vina (2020) Internalisasi Nilai Cinta Damai Dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah Untuk Mencegah Bullying Di Lingkungan Pesantren (Studi Kasus Di Pondok PSM Takeran-Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316348_ROBI'AH VINA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Robi’ah Vina, 2020. Internalisasi Nilai Cinta Damai dalam Kitab Bidayah Al-Hidayah untuk Mencegah Bullying di Lingkungan Pesantren (Studi Kasus di Pondok PSM Takeran-Magetan), Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Evi Mu’afiah, M.Ag.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Cinta Damai, Kitab Bidayah Al-Hidayah
Pondok Pesantren sabilil Muttaqien (PSM) Takeran-Magetan merupakan pesantren yang notabennya adalah pondok thoriqoh dimana thoriqoh itu syarat dengan ilmu tasawufnya atau akhlak untuk menjadi manusia yang mampu menyeru amar ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Pesantren ini telah menanamkan nilai cinta damai, dimana dalam menanamkannya Pondok PSM Takeran mempunyai beberapa tradisi berupa tolong-menolong, saling menghormati, tradisi tata krama masuk kantor, dan kumpul. Di pondok PSM Takeran, juga diajarkan beberapa kitab kuning sebagai bekal santri untuk menghadapi permasalahan yang ditemui baik di pondok ataupun ketika sudah terjun di masyarakat. Salah satunya adalah kitab Bidayah Al-Hidayah, yang mana kitab tersebut terdapat kandungan pendidikan akhlak yang mencakup ajaran kesopanan yang didalamnya terdapat nilai cinta damai dimana nilai tersebut menjadi salah satu upaya untuk mencegah perbuatan munkar seperti bullying.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pemahaman santri Pondok PSM Takeran terhadap nilai cinta damai yang terkandung dalam kitab Bidayah Al-Hidayah. (2) Menjelaskan metode penanaman nilai cinta damai melalui kitab Bidayah Al-Hidayah untuk mencegah bullying di lingkungan pesantren.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data,dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah : (1) Pemahaman santri terhadap nilai cinta damai yang terkandung dalam kitab Bidayah Al-Hidayah di Pondok PSM Takeran ini sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari kesadaran diri santriwan-santriwati, santri yang sadar dan mengamalkannya dapat dilihat dari cara mereka berbicara dan memperlakukan perbuatan baik kepada temannya, dan salah satu upaya dalam memahamkan santri yaitu dalam mentransfer ilmu yang tertuang dalam kitab Bidayah Al-Hidayah, pengajar tersebut menggunakan metode sorogan dan tanya jawab (diskusi), dengan begitu santri mampu memahami nilai-nilai cinta damai dalam kitab Bidayah Al-Hidayah. (2) Metode dalam menanamkan nilai cinta damai melalui kitab Bidayah Al-Hidayah di Pondok PSM Takeran yaitu dengan menanamkan metode keteladan dalam hal ini pengasuh pondok, guru atau ustadz, dan pendamping santri berperan sebagai model (contoh atau teladan) Selain itu, untuk menanamkan nilai cinta damai dengan menginternalisasikan metode pembiasaan seperti pengajaran sistem terpadu, guyup rukun, dan tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: evi muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:23
Last Modified: 04 Jun 2020 07:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item