Rini, Purwati Surya (2020) pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar ipa kelas iv di mi mamba’ul huda ngabar tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210616072_PURWATI SURYA RINI - thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
RINI, PURWATI SURYA. 2020, Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Ipa Di Mi Mamba’ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah,M.Si.
Kata Kunci: Mind Mapping, Berfikir Kreatif, Hasil Belajar
Metode Mind Mapping merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang akan memberi makna, karena menggunakan metode Mind Mapping akan membuat siswa terlibat langsung dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Selain itu kemampuan berfikir kreatif yang telah dimiliki siswa akan mempengaruhi hasil belajar siswa juga. Sebab hasil belajar siswa merupakan suatu penilaian dalam mengetahui keberhasilan siswa setelah proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar IPA pada siswa dengan metode Mind Mapping.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2019/2020. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2019/2020.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dimana penelitian ini memakai eksperimen. Jenis penelitian adalah dengan Quasi Experimental Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar sebanyak 38 siswa yaitu 20 siswa kelas kontrol dan 18 siswa kelas eksperimen. Dalam penggumpulan data analisis pada peneliti menggunakan tes tertulis dengan bentuk essai.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode Mind Mapping terhadap kemampuan berfikir kreatif kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar tahun ajaran 2019/2020, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 maka Ho ditolak. Ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar tahun ajaran 2019/2020, dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05 maka Ho ditolak. Serta Ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode Mind Mapping terhadap kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar IPA kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar tahun ajaran 2019/2020, dengan nilai signifikansi bernilai 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 07:12 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 04:58 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9833 |
Actions (login required)
View Item |