Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Sugiarti, Bayu (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAYU SUGIARTI_210616057.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bayu,Sugiarti. 2020. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Min 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 (Penelitian Tindakan Kelas V MIN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Bapak Edi Irawan, M.Pd
Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar Siswa
Selama ini proses pembelajaran pada mata pelajaran Matematika di kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo dilakukan dengan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran yang telah dipelajari, terbukti saat siswa diberi tes hanya 22,23% siswa yang mencapai nilai tuntas KKM. Oleh karena itu diperlukan perubahan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2 sampai 3 jam pelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapian tes pemahaman pada siklus I sebesar 70,37% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V Salahudin Al-Ayubi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume bangun ruang kubus dan balok MIN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2020 04:08
Last Modified: 03 Jun 2020 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9830

Actions (login required)

View Item View Item