Penggunaan Permainan Engkleng Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Busthanul Athfal 03 Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan)

Emilasari, Siti Mutmainah (2019) Penggunaan Permainan Engkleng Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Busthanul Athfal 03 Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SITI MUTMAINNAH EMILASARI aplot.pdf

Download (938kB)

Abstract

ABSTRAK
Permainan menjadi bagian kehidupan manusia yang tak terpisahkan. Dari anak kecil hingga dewasa mereka selalu bermain. Baik itu disadari ataupun tidak. Hal ini menandakan bahwa permainan menempati posisi yang cukup penting dalam siklus hidup manusia. Permainan tradisional anak merupakan pendidikan dalam kemasan permainan yang memiliki nilai-nilai penting bagi perkembangan anak. Baik motorik maupun psikologis anak.
Engkleng merupakan permainan anak tradisional yang sangat populer. Permainan ini dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Engkleng sangat mudah dimainkan. Permainan ini dapat dimainkan di pelataran tanah,semen atau aspal. Permainan engkleng dipilih karena semua orang mengetahui tentang engkleng selain untuk mengembangkan motorik kasar anak engkleng juga bisa untuk mengembangkan psikologis anak selain itu permainan engkleng juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan bersosialisasi dengan orang lain, mengembangkan kecerdasan logika,dan membuat anak lebih menjadi kreatif.
Penelitian ini dilakukan di TK Busthanul Athfal 03 Desa
Kalikuning Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1)Bagaimana langkah-langkah permainan engkleng untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini di TK Busthanul Athfal 03 Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan.
(2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan permainan engkleng untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini di TK Busthanul Athfal 03 Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan.
Untukmen jawab pertanyaan di atas,penulis melakukan penelitian di TK Busthanul Athfal 03 Kalikuning Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi,wawancara,dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:
(1)Langkah-langkah penggunaan permainan engkleng untuk mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini dilakukan dengan langkah diantaranya yaitu di sekolah oleh guru dengan menggunakan gambar berwarna dan ditampilkan sebuah video tentang permainan engkleng, melakukan permainan engkleng di luar kelas agar anak bergerak secara leluasa dan terakhir membuat permainan engkleng tersebut sekreatif mungkin dan bervariasi.
(2) a. Faktor pendukung:Faktor dari orang tua,faktor dari lingkungan anak. b.Faktor penghambat: Faktor kesehatan anak, faktor alat permainan yang digunakan anak harus semenarik mungkin dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:12
Last Modified: 04 Jun 2020 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9827

Actions (login required)

View Item View Item