Pengaruh Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun Tahun Peljaran 2019/2020

Damayanti, Farida (2020) Pengaruh Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III Di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun Tahun Peljaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FARIDA DAMAYANTI_210616110.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Damayanti, Farida. 2020. Pengaruh Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag..
Kata Kunci: Pengaruh, Ketrampilan Dasar Mengajar, Motivasi Belajar
Berbagai upaya telah dilakukan oleh sekolah dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa. Diantaranya penambahan media gambar dikelas, penerapan berbagai metode dan model pembelajaran dan penambahan fasilitas kelas. Namun demikian upaya ini tampaknya belum membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari saat proses pembelajaran berlangsun, siswa tidak mampu menangkap materi pembelajaran dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketrampilan dasar mengajar guru dan motivasi belajar siswa kelas 3 di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun serta pengaruh ketrampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahsampling jenuh, dikatakan sampling jenuh karena pengambilan anggota sampel dengan cara semua anggota populasi digunakan sebagai sampel . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data ketrampilan dasar mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Dokumentasi untuk memperoleh dokumen yang dianggap penting. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tingkat ketrampilan dasar mengajar guru kelas III di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 3 siswa dengan presentase 15% dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 16 siswa dengan presentase 80% dalam kategori rendah dengan frekuensi sebanyak 1 siswa dengan presentase 5%. (2) Tingkat motivasi belajar siswa kelas III di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun dalam kategori kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 4 siswa dengan presentase 20% dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 15 siswa dengan presentase 75% dalam kategori rendah dengan frekuensi 1 siswa dengan presentase 5%. (3) Ketrampilan Dasar Mengajar Guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas III di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan nilai (t) diketahui thitung sebesar 2,153 > ttabel 2,101 artinya variabel ketrampilan dasar mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas III di SDN Bangunsari 03 Dolopo Madiun. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, didapatkan ketrampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16,1% sisanya yaitu 83,9% dipengaruhi variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:00
Last Modified: 04 Jun 2020 07:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item View Item