Pengaruh Keteladanan Guru dan Kesadaran Diri terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari Tahun Ajaran 2019/2020

Wahyuni, Sri (2020) Pengaruh Keteladanan Guru dan Kesadaran Diri terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SRI WAHYUNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuni, Sri. 2020. Pengaruh Keteladanan Guru dan Kesadaran Diri terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd..

Kata kunci : Keteladanan Guru, Kesadaran Diri, Kedisiplinan Siswa.

Disiplin adalah ketetapan hati untuk menjalankan aktivitas sesuai dengan aturan yang telah disepakati, baik secara langsung maupun tidak langsung yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Kedisiplinan dapat dilakukan dan diajarkan kepada siswa dengan cara membuat semacam peraturan atau tata tertib yang wajib dipatuhi oleh setiap siswa. Jika kepatuhan tata tertib tertanam secara terus menerus maka disiplin tersebut akan menjadi kebiasaan bagi siswa. Seorang guru harus bisa memberikan teladan atau contoh yang baik kepada siswa, baik secara ucapan maupun perbuatan. Keteladanan dari guru tersebut akan mempengaruhi seorang siswa dalam berprilaku disiplin dan akan mendorong anak untuk menyakini dan menerima apa yang diajarkan oleh gurunya. Seseorang memiliki keinginan yang kuat untuk bertindak melakukan suatu aktivitas ataupun perbuatan apabila orang tersebut memiliki kesadaran oleh karena itu dalam mendisiplinkan siswa harus diawali dari pendekatan secara emosional yang baik sehingga siswa memperbaiki tingkah lakunya atas dasar kesadaran yang tumbuh dari dalam dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari, (2) mengetahui Pengaruh Kesadaran diri terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari dan (3) mengetahui Pengaruh Keteladanan Guru dan Kesadaran Diri terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 138 lalu sampel dari populasi tersebut 102. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa, dibuktikan dengan hasil nilai thitung sebesar 7.687, ttabel sebesar 1.984 dan R2 sebesar 37.1% maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari Sebesar 37.1%, (2) ada pengaruh yang signifikan antara kesadaran diri terhadap kedisiplinan siswa, dibuktikan dengan hasil nilai thitung sebesar 10.215, ttabel sebesar 1.984 dan R^2 sebesar 51.1% maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kesadaran diri mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari sebesar 51.1% dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru dan kesadaran diri terhadap kedisiplinan siswa, dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 124.705, Ftabel sebesar 3.09 dan R2 sebesar 71.6% maka Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru dan kesadaran diri mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 1 Kebonsari sebesar 71.6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:00
Last Modified: 09 Jun 2020 03:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9800

Actions (login required)

View Item View Item