Peran Pembiayaan Murabahah dalam Mengembangkan Usaha Nasabah (Studi pada PT.BPRS Ummu Bangil Pasuruan)

Lestari, Eka Dwi Tri (2020) Peran Pembiayaan Murabahah dalam Mengembangkan Usaha Nasabah (Studi pada PT.BPRS Ummu Bangil Pasuruan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E THESIS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah adalah pembiayaan yang paling diminati oleh
masyarakat. Pengadaan barang pada PT.BPRS Ummu Bangil Pasuruan dilakukan
dengan mewakilkan langsung kepada nasabah. Faktor yang menimbulkan
pembiayaan kurang lancar pada nasabah PT.BPRS Ummu Bangil Pasuruan
diantaranya besarnya nilai pembiayaan (Plafon) yang diterima nasabah. Jumlah
plafon juga mempengaruhi besarnya jumlah margin yang ditetapkan. Karena tidak
semua nasabah menggunakan pembiayaan yang diterima untuk pengembangan
usahanya. Kehadiran PT.BPRS Ummu Bangil Pasuruan diharapkan dapat
nenurunkan jumlah margin pembiayaan murabahah, sehingga nasabah tidak
sampai mengalami keterlambatan dalam angsuran serta berperan pembiayaan
murabahah dapat membantu nasabah dalam memenuhi kebutuhan modal berupa
barang melalui pembiayaan murabahah sehingga nasabah dapat meningkatkan
volume penjualan dan omzet penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab
pertanyaan tentang bagaimana peran pembiayaan murabahah dalam
mengembangkan usaha nasabah? Dan bagaiama penentuan margin pembiayaan
murabahah? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis peran
pembiayaan murabahah dalam mengembangkan usaha nasabah dan penentuan
margin pembiayaan murabahah.
Dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam
penelitian ini peneliti sebagai narasumber secara langsung di PT.BPRS Ummu
Bangil Pasuruan untuk melakukan wawancara langsung kepada pihak bank
sehingga dapat menghasilkan data-data yang peneliti inginkan baik berupa lisan
maupun tulisan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembiayaan murabahah yang
dilaksanakan oleh PT.BRPS Ummu Bangil Pasuruan dapat membantu siklus
usaha nasabah tetap berjalan, serta membantu meningkatkan omzet penjualan.
Meningkatnya omzet penjualan dibuktikan dengan bertambahnya jumlah barang
dagangan dan bertambah pula jumlah karyawan yang disebabkan karena jumlah
pembelian meingkat. Hasil penelitan selanjutnya menunjukkan bahwa Penetapan
jumlah margin yang ditentukan oleh pihak bank adalah sebesar 2%, namun
nasabah masih saja menegosiasi hingga menjadi 1,7%. Hal tersebut dikarenakan
besarnya margin dapat mempengaruhi besarnya angsuran. Pihak PT.BPRS Ummu
Bangil Pasuruan memberlakukan sistem denda bagi nasabah yang mengalami
keterlambatan dalam proses angsuran. Nasabah yang mengalami keterlambatan
dalam proses angsuran disebabkan karena dalam pembiayaan nasabah menerima
uang secara langsung bukan berupa barang. Sehingga uang tersebut bisa
disalahgunakan, tidak sepenuhnya digunakan untuk pengembangan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:04
Last Modified: 04 Jun 2020 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item View Item