(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH DAFTAR ISI TIDAK BOLEH DIUPLOAD)..Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas A dengan Tema Binatang di RA Muslimat NU 027 Mangunsuman 1 Siman Ponorogo)

Dwi Eriskiani, Ainun (2020) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH DAFTAR ISI TIDAK BOLEH DIUPLOAD)..Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Anak Usia Dini (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas A dengan Tema Binatang di RA Muslimat NU 027 Mangunsuman 1 Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload ainun.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi setelah peneliti melakukan observasi di RA Muslimat Nu 027 Mangunsuman 1 Siman Ponorogo, dan menemukan permasalahan ketika proses pembelajaran sebagian anak masih banyak yang berceloteh sendiri, cepat bosan dengan materi yang diajarkan, perhatian anak tidak terfokuskan dan kurang aktif saat diberi pertanyaan. Permasalahan tersebut disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar sehingga berimbas pada proses dan hasil belajar anak. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti dengan pemecahan masalah media audio visual.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui keaktifan siswa ketika guru memberikan pembelajaran menggunakan media audio visual (2) Untuk mengetahui partisipasi siswaketika guru memberikan pembelajaran menggunakan media audio visual (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah guru memberikan pembelajaran menggunakan media audio visual.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas A RA Muslimat NU 027 Mangunsuman 1 Siman Ponorogo. Dengan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yaitu data kuantitatif dengan teknik prosentase penerapan dua siklus.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran keaktifan yang mencapai KKM pada siklus pra tindakan 60%, siklus I 70%, dan siklus II 90% . Pada proses pembelajaran partisipasi yang mencapai KKM pada siklus pra tindakan 60%, siklus I 70%, dan siklus II 90%. Sedangkan hasil pembelajaran dengan aspek kognitif yang mencapai KKM pada siklus pra tindakan 55%, siklus I 65%, dan siklus II 85%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan media audio visual dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas A RA Muslimat NU 027 Mangunsuman 1 Siman Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:26
Last Modified: 04 Jun 2020 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9777

Actions (login required)

View Item View Item