Sulandari, Sri (2020) Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Tercela Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210316319_SRI SULANDARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sulandari, Sri, 2020 Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Tercela Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo, Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.Si.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Pemahaman, Akhlak Tercela.
Media merupakan alat pendukung dalam sebuah proses pembelajaran. Keberadaannya cukup membantu pendidik dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penggunaan media ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa terkait pemahamannya tentang materi. Akan tetapi realita yang terjadi di MTs Ma’arif Klego terkhusus kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak hasil belajar belum maksimal. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan metode klasik tanpa melibatkan pemanfaatan media didalamnya. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang membuat siswa cenderung bosan dan kurang memperhatikan. Dengan adanya kenyataan tersebut maka perlu dilakukan inovasi dalam proses pembelajaran diantaranya penerapan media dalam meningkatkan hasil belajar sebagai tolok ukur pemahaman siswa. Salah satunya adalah media audio visual, penggunaan media ini cukup menyenangkan dengan kolaborasi antara gambar dan suara, maka akan cocok apabila digunakan untuk menyampaikan materi cerita yang disertai praktek.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mengetahui penerapan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman materi akhlak tercela pada mata pelajaran akidah akhlak. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman materi akhlak tercela dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di MTs Ma’arif Klego Mrican Jenangan Ponorogo menujukkan peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 60% dan 40% belum tuntas, sedangkan pada siklus II mengalami penigkatan yang drastis, jumlah siswa yang tuntas sebesar 90% dan yang belum tuntas sebesar 10%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ali Ba'ul Chusna |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 06:22 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 06:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9774 |
Actions (login required)
View Item |