(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA)..Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Romansa FM Ponorogo Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan

Sriatin, Sriatin (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA)..Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Romansa FM Ponorogo Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Romansa Fm.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Sriatin. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Romansa FM Ponorogo Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Radio, Iklan

Di era teknologi yang semakin canggih, keberadaan radio mulai tergeserkan oleh media sosial. Oleh karena itu, untuk mempertahan kondisi radio ditengah media digital, Radio Romansa Fm mempunyai strategi supaya tetap eksis di kalangan pendengarnya. Mengingat bahwa pendapatan sebuah media penyiaran radio didapatkan dari berbagai iklan. Bagaimanapun, iklan adalah sumber energi untuk kontinuitas bekerja. Artinya, media penyiaran bisa berjalan karena ada pemasukan untuk operasionalnya. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan Romansa Fm adalah mix marketing (4P) yang terdiri dari product, price, place, dan promotion. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Romansa menerapkan teori pemasaran tersebut dalam menarik pemasang iklan, hal ini juga mengingat banyaknya jumlah radio di Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran radio Romansa Fm dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Romansa Fm dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan. Informan dalam penelitian ini adalah Station Manajer dan Marketing Manajer. Kedua, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran Romansa Fm baik dari internal maupun eksternal.
Berdasarkan hasil analisi dapat disimpulkan bahwa Radio Romansa Fm Ponorogo yang beralamatkan jalan Pacar no. 12, telah melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan antara lain : iklan, personal selling, publikasi dan yang terakhir melalui pameran (exhibition). Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi pemasaran dibagi menjadi dua yaitu internal dan ekstenal. Faktor internal antara lain program, segmentasi, SDM. Sedangkan faktor eksternal yaitu munculnya media online dan pesaing dengan radio lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:35
Last Modified: 04 Jun 2020 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item