Implementasi Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Tuttaufiqah, Imma (2020) Implementasi Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMMA TUTTAUFIQAH.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Tuttaufiqah, imma. 2020. Implementasi Strategi Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Strategi Student Teams Achievement Division (STAD), Kerjasama, Hasil Belajar, Passing Bawah, Bola voli

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran Passing Bawah Bola Voli masih menggunakan strategi yang monoton atau konvensional yaitu pembelajaran yang hanya berpusat pada gurunya. Hal ini mengakibatkan para siswa berinteraksi maupun bekerjasama dengan sesama teman dan hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kerjasama dan hasil belajar siswa-siswi dengan menggunakan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan penerapan strategi pembelajaran STAD pada passing bawah bola voli bagi siswa kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo, (2) menjelaskan peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), (3) menjelaskan peningkatan hasil belajar passing bawah siswa dengan menggunakan Strategi STAD.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara langsung oleh peneliti, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo yang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan kerjasama dengan presentase pada siklus I sebesar 53%, pada siklus II sebesar 89% dan pada siklus III dengan presentase 100%. Sedangkan hasil belajar dengan presentase siklus I sebesar 63%, siklus II dengan presentase sebesar 89% dan siklus III presentase sebesar 100%. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada kerjasama dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 06:21
Last Modified: 04 Jun 2020 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9754

Actions (login required)

View Item View Item