Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Madiun Umbul Square dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Tahun 2019

Durrotunnasikhah, Uli (2020) Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Madiun Umbul Square dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses skripsi Uli Durrotunnasikhah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Durrotunnasikhah, Uli. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Madiun Umbul Square dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Tahun 2019. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Faruk, M.Fil.I.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Wisata, Madiun Umbul Square.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tempat wisata yang saat ini diminati banyak kalangan masyarakat. Strategi komunikasi pemasaran merupakan usaha yang bertujuan untuk menginformasikan menarik minat, mengingatkan atau menyampaikan pada publik mengenai adanya suatu produk ataupun jasa yang dijual dan dipasarkan supaya orang atau konsumen mengenal, membeli, dan kemudian menjadi pelanggan. Sementara itu tempat wisata yang ramai dikunjungi masyarakat kabupaten Madiun adalah Taman Wisata Umbul Square. Wisata ini memiliki peningkatkan pengunjung yang sangat banyak ketika menggunakan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perencanaan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan pengunjung, (2) aplikasi promosi pemasaran dan (3) implikasi komunikasi pemasaran yang digunakan obyek wisata taman Madiun Umbul Square.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif serta pendekatan kualitatif, untuk meneliti strategi komunikasi pemasaran strategi pemasaran yang digunakan oleh wisata Madiun Umbul Square dalam meningkatkan pengunjung. Peneliti juga menggali data tersebut dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan komunikasi pemasaran wisata Madiun Umbul Square dalam meningkatkan pengujung, yaitu dengan memetakan wilayah yang akan dikunjungi dan menerapkan (2 ) aplikasi promosi pemasaran taman wisata Madiun Umbul Square dengan komunikasi tatap muka serta komunikasi bermedia. Selain itu, Madiun Umbul Square juga menerapkan bauran pemasaran juga menerapkan bauran pemasaran, yaitu produk, price, place, promotion dan person. (3) implikasi komunikasi pemasaran yang digunakan obyek wisata Madiun Umbul Square telah terbukti membawa banyak dampak positif dalam peningkatan jumlah pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 05:22
Last Modified: 08 Jun 2020 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item