Syaroh, Lyna Dwi Muya (2020) Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Religius Islami Siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210316041_LYNA DWI MUYA SYAROH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dwi Muya Syaroh, Lyna. 2020. Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Religius Islami Siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafi’ati Mizani, M.Pd.I
Kata kunci: Metode Pembiasaan, Karakter Religius, Siswa
Selama ini karakter sangat penting dalam diri individu seseorang. Dalam proses pendidikan masih terdapat kesenjangan antara praktik pendidikan dengan karakter yang dimiliki peserta didik secara nyata. Penyelenggaraan pendidikan karakter tentu memerlukan metode khusus guna mencapai tujuan pendidikan. Salah satu metode yang diterapkan di SMA Negeri 3 Ponorogo dalam pembentukan karakter religius siswanya dengan menggunakan metode pembiasaan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kurangnya karakter yang berbasis religius Islami yang ada di lembaga pendidikan formal. Akibat dari kurangnya karakter religius tersebut peneliti mencari tahu sejauh mana pelaksanaan metode pembiasaan untuk membentuk karakter religius Islami siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode pembiasaan, kendala, dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan metode pembiasaan guna membentuk karakter religius Islami siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo yaitu: Berdoa sebelum belajar dan sebelum pulang, membaca surat pendek dalam juz’amma dan ayat kursi, melantunkan asma’ul h}usna, s}alat d}uh}a, s}alat dzuhur dan asar berjamaah, s}alat jumat dan jumat berkah, infa>q jumat, khataman al-Qur’an, khatib dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam); (2) Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ponorogo dipengaruhi oleh dua faktor yaitu: faktor intern meliputi perilaku bawaan dan pola asuh yang berbeda dan faktor ekstern meliputi kurangnya pengondisian dan dukungan dari guru-guru, latar belakang pendidikan siswa, lingkungan (keluarga, sekolah dan masyarakat), teman sebaya, media sosial dan sarana prasarana; (3) Solusi untuk mengatasi kendala pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius siswa kelas X di SMA Negeri 3 ponorogo yaitu dengan adanya dalam membentuk karakter religius siswa kelas X di SMA Negeri 3 ponorogo yaitu: tata tertib, reward dan punishment, controlling, penambahan sarana dan prasarana, sosialisasi pentingnya pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Zeni Murtafi'ati Mizani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 05:10 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 05:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9746 |
Actions (login required)
View Item |