Implementasi Strategi Card Sort Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Ipa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Bakti Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Aliffatunnissak, Rizky Bunga (2020) Implementasi Strategi Card Sort Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Ipa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Bakti Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
CamScanner 05-15-2020 15.01.18_2-digabungkan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bunga, Aliffatunnissak Rizlry. 2020. Implementasi Strdtegi Card Sort dalam
Meningkatkan Konsentrasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidilran Agama Islam di SMA Balai Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing
Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Card Sort, Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan
menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenub dan kurang konsentrasi dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena ketika pembelajaran
berlangsung seorang guru hanya menggunakan metode ceramah dan monoton. Sehingga hal
ini berdampak pada hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Maka dari itu harus ada
perubahan dari guru dalam mengajar di dalarn kelas agar siswa dapat merespon dengan aktif
materi yang sudah diterangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswir setelah
penerapan Strategi Card Sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII IPA
SMA Bakli Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019; dan 2) Mengetahui hasil belajar siswa
setelah penerapan Strategi Card Sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII
IPA SMA Bakti Ponorogo tahrm pelajaran 2018/2019
Jenis penenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas @TK). Penelitian ini terdiri
dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencaruum, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 19 siswa kelas XII IPA SMA Bakti
Ponorogo tahun pelajaran 201 8/2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: l) dengan menerapkan strategi card sort pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XII IPA SMA Bakti Ponorogo tahun
pelajaran 2018/2019, mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa secara bertahap. Pada
siklus I, siswa yang menunjukkan konsentrasi belajar dengan baik sebanyak 8 dari 19 siswa
dengan persentase 42,11%. Pada siklus II, konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan
secara drastis yakni 18 siswa dari 19 siswa dengan persentase 94,74o/o; dan 2) dengan
menerapkan stategi Card Sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XII
IPA SMA Bakti Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019, mampu meningkatkan hasil belajar
siswa secara bertahap. Pada siklus I, siswa yang menunjukkan hasil belajar yang memperoleh
ketuntasan sebanyak 1 1 dari 19 siswa dengan persentase 57,90% . Pada siklus II, hasil belajar
siswa mengalami peningkatan secara drastis yakni 19 siswa dengan persentase l00%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 02:55
Last Modified: 08 Jun 2020 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9744

Actions (login required)

View Item View Item