Penerapan Reward Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa dalam Belajar (Studi Kasus Siswa MIN 1 Ponorogo)

Nafisah, Umi Latifatun (2020) Penerapan Reward Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa dalam Belajar (Studi Kasus Siswa MIN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616237_UMI LATIFATUN NAFISAH 1..pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Nafisah, Umi Latifatun. 2020. “Penerapan Reward Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa dalam Belajar (Studi Kasus Siswa Min 1 Ponorogo)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd..
Kunci: Reward, Sikap disiplin, dan Belajar
Reward merupakan salah satu cara guru dalam mengapersiasi siswa atas perbuatannya yang patut dipuji. Dalam suatu kelas terdapat berbagai karakteristik peserta didik. Ada siswa yang rajin belajar, ada juga yang kurang rajin dalam belajar, selain itu ada juga siswa yang patuh pada guru, ada juga yang melakukan pelanggaran di dalam proses pembelajaran baik disengaja maupun tidak. Oleh karena itu diperlukan suatu metode atau strategi yang digunakan untuk mendisiplikan siswa khususnya dalam belajar. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan reward. Dengan menerapkan reward ini diharapkan dapat meningkatkan sikap disiplin siswa dalam belajar, sehingga proses belajar mengajar dalam berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah study kasus dengan desain kualitatif deskriptif.
Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik pelaksanaan reward untuk meningkatkan sikap disiplin siswa dalam belajar di MIN 1 Ponorogo, (2) implikasi dari pelaksanaan reward untuk meningkatkan sikap disiplin siswa dalam belajar di MIN 1 Ponorogo, dan (3) kendala yang dihadapi saat pelaksanaan reward untuk meningkatkan sikap disiplin siswa dalam belajar di MIN 1 Ponorogo.
hasil pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Teknik pelaksanaan reward di kelas 2 Uways Al Qorny MIN 1 Ponorogo yaitu rewarddiberikan dengan berbagai macam bentuk, diantaranya dalam bentuk ucapan pujian, tepuk tangan, dan dalam bentuk point/angka. Untuk akumulasi point yang didapatkan siswa dilakukan di akhir tahun pelajaran. Untuk siswa yang mendapatkan akumulasi point penghargaan minimal 50 point dalam satu tahun akan mendapatkan piagam penghargaan dari madrasah. (2) Implikasi atau dampak dari pelaksanaan reward di kelas 2 Uways Al Qorny MIN 1 Ponorogo yaitu siswa menjadi lebih disiplin dalam belajar misalnya tepat waktu dalam mengerjakan tugas, siswa lebih aktif dikelas, pembelajaran lebih menyenangkan. (3) Kendala dalam penerapan reward di kelas 2 Uways Al Qorny MIN 1 Ponorogo diantaranya siswa lebih mementingkan reward daripada kegiatan belajar. Selain itu beberapa siswa menjadikan reward sebagai perlombaan sehingga terjadi kecemburuan antar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:59
Last Modified: 04 Jun 2020 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item