Upaya Pengembangan Bakat dan Minat Siswa melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MTs Negeri 1 Ponorogo

Hidayati, Irma Nur (2020) Upaya Pengembangan Bakat dan Minat Siswa melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MTs Negeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUS_210316221_IRMA NUR HIDAYATI.pdf

Download (985kB) | Preview

Abstract

Hidayati, Irma Nur. 2020. Upaya Pengembanagn Bakat dan Minat Siswa melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MTs Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pengembangan, bakat dan minat, ekstrakurikuler hadroh
Setiap anak terlahir dengan beragam potensi dan berkembang sesuai bakat yang dimilikinya. Bakat memiliki beragam jenis dan biasanya bakat bergandengan dengan minat. Tetapi tidak semua bakat dapat teridentifikasi dan tidak terfasilitasi kebutuhan akan wadah sehingga menjadi bakat yang terpendam. Pada lembaga pendidikan sekolah untuk kegiatan yang menjadi wadah penyaluran bakat dan minat siswa dikemas dalam bentuk kegiatan esktrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat diminati dan juga sebagai sarana untuk melestarikan seni musik islam adalah ekstrakurikuler hadroh. Ekstrakurikuler hadroh saat ini tidak lagi berada di pesantren, akan tetapi juga di lembaga pendidikan yang berupa sekolah salah satunya di MTs Negeri 1 Ponorogo.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler hadroh di MTs Negeri 1 Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan dampak dari kegiatan esktrakurikuler hadroh terhadap bakat dan minat siswa di MTs Negeri 1 Ponorogo.
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penlitian yang digunakan studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknis analisis data melalui proses reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1)Pelaksanaan ekstrakurikuler hadroh di MTs Negeri 1 Ponorogo dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 13/00-14.30 WIB di ruang kesenian. Beranggotakan 11 orang yang terdiri dari kelas VII dan VII. (2) Dampak dari eskrakurikuler hadroh di MTs Negeri 1 Ponorogo secara tidak langsung menanamkan nilai positif yang dapat membentuk karakter meliputi nilai rasa ingin tahu bertambah pada rasa ingin tahu lagu selawat, Nilai religius semakin bersemangat dalam beribadah. Nilai disiplin waktu dapat memanajemen waktu dengan baik. Pada nilai kerja keras dalam memainkan alat hadroh pertama kali latihan. Nilai mandiri berdampak dari awalnya yang tidak bisa menjadi bisa. Nilai cinta tanah air berdampak semakin cinta kepada tanah air. Nilai menghargai prestasi sangat menghargai setiap usaha yang dilakukan dan nilai tanggung jawab berdampak terhadap diri sendiri maupun kelompoknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:45
Last Modified: 04 Jun 2020 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9726

Actions (login required)

View Item View Item