Maldini, Melky (2020) Pola Asuh Orang Tua Dalam Novel “Si Anak Spesial” Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210616213_MELKY MALDINI..pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Maldini, Melky. 2020. Pola Asuh Orang Tua Dalam Novel “Si Anak Spesial” Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Nurul Khasanah, M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh, Novel, Karakter, Relevansi.
Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak yaitu bagaimana cara, sikap, atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak termasuk cara penerapan aturan, mengajarkan nilai/norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku baik sehingga dijadikan panutan atau contoh bagi anaknya. Dari pola asuh yang orang tua berikan kepada anak akan membentuk ciri khas karakter yang akan dimiliki anak hingga ia tumbuh dewasa.
Karakter sendiri merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap perasaan, perkataan, dan perbuatan, berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Oleh karena itu orang tua harus memahami pola asuh seperti apa yang sesuai dengan kepribadian anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua yang terdapat di dalam novel Si Anak Spesial dan relevansinya dengan karakter anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Selanjutnyam dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat pola asuh yang terkandung dalam novel Si Anak Spesial, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola asuh permisif, dan pola asuh situasional. Selain pola asuh, dalam novel juga terdapat lima nilai karakter yang terkandung didalamnya yaitu religius, disiplin, percaya diri, penuh kasih sayang, sopan dan santun. Terdapat relevansi antara pola asuh orang tua dalam novel Si Anak Spesial dengan karakter yang terbentuk dari cerita. Pola asuh otoriter relevan dengan nilai karakter disiplin, pola asuh demokratis relevan dengan nilai karakter percaya diri, pola asuh permisif relevan dengan nilai karakter sopan dan santun, serta pola asuh situasional relevan dengan nilai karakter penuh kasih sayang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nurul Khasanah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 04:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 04:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9723 |
Actions (login required)
View Item |