Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IV MI Kenongomulyo Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020

zakariya, ahmad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IV MI Kenongomulyo Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210615093_AHMAD ZAKARIYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zakariya, Ahmad. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IV MI Kenongomulyo Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Pryla Rochmawati, M.Pd.

Kata Kunci: model pembelajaran, Think Talk Write (TTW), kemampuan menulis, paragraf argumentasi.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian pada Kurikulum 2013 yang banyak menekankan peningkatan kemampuan yang salah satunya adalah kemampuan menulis. Kegiatan menulis dapat membantu seseorang untuk berpikir mudah sehingga mengembangkan kemampuan berbahasa, dan pengembangan diri siswa. Salah satu kemampuan yang cukup penting yaitu menulis argumentasi. Kemampuan ini sering digunakan pada buku tematik siswa juga diperlukan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Realita di lapangan menunjukkan pembelajaran menulis argumentasi belum berjalan semestinya sehingga kemampuan anak kurang maksimal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write, dimana model ini dapat mendorong berpikir dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, berkomunikasi dengan baik dan melatih siswa untuk menuliskan hasil diskusinya ke dalam bentuk tulisan secara sistematis.
Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui keterampilan menulis karangan siswa kelas IV MI Kenongomulyo menggunakan model pembelajaran Think Talk Write; dan (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV MI Kenongomulyo.
Desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design dimana kelas kontrol diberlakukan dengan pembelajaran dengan model Konvensional dan kelas eksperimen dengan model Think Talk Write. Populasi penelitian ini berjumlah 44 siswa dengan kelas kontrol berjumlah 22 siswa dan kelas eksperimen 22 siswa. Pengambilan sampel atau subyek penelitian dilakukan dengan cara teknik Cluster Random Sampling dengan tipe sampling jenuh. Sampling jenuh dipilih dikarenakan jumlah populasi yang dipakai relatif kecil yaitu di bawah 30 orang. Sehingga semua siswa (populasi) dijadikan subyek penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan test dalam bentuk teks cerita. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Tes yang dibantu dengan software SPSS versi 16.0.
Selanjutnya pada pengujian hipotesis dengan analisis deskriptif diperoleh nilai sum, mean, dan std.deviation pada kelas eksperimen yaitu 339 (sum), 15,41 (mean), 2,039 (std.deviation) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 253 (sum), 11,51 (mean), 1,970 (std.deviation) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menulis karangan argumentasi pada kelas dengan model pembelajaran Think Talk Write dan kelas dengan model pembelajaran Konvensional. Kemudian berdasarkan uji Independent Sample T-Test didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Dikarenakan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan dan nilai Thitung (0,025) < Ttabel (1,68385), terbukti terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan argumentasi antara kelas eksperimen dan kontrol. Sehingga H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti, model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas VI MI Kenongonulyo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pryla Rochmahwati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:31
Last Modified: 04 Jun 2020 04:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item