Analisis Bauran Promosi Pada Produk TabunganKu BRI Syariah KCP Blitar

Karismanita, Virmaya (2020) Analisis Bauran Promosi Pada Produk TabunganKu BRI Syariah KCP Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
VIRMAYA KARISMANITA 210816177 PS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karismanita, Virmaya. 2020. Analisis Bauran Promosi Pada Produk TabunganKu BRI Syariah KCP Blitar. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.
Kata kunci: Periklanan (Advertising), Penjualan Pribadi (Personal Selling), TabunganKu.
Sebagai lembaga keuangan syariah, kegiatan usaha BRI Syariah KCP Blitar adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman. Salah satu produk penghimpun dana yaitu produk TabunganKu, dalam melakukan penjualan produk ini, perlu adanya promosi yang tepat sehigga dapat meningkatkan jumlah nasabah dari produk tersebut. Kemudian penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bauran promosi yang dilakukan pada produk TabunganKu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis strategi periklanan (advertising) pada produk TabunganKu BRI Syariah KCP Blitar?. Bagaimana analisis strategi penjualan pribadi (personal selling) pada produk TabunganKu BRI Syariah KCP Blitar?. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode field research, karena dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena, atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan, strategi promosi yang dilakukan BRI Syariah KCP Blitar pada produk TabunganKu menggunakan periklanan (advertising), dan penjualan pribadi (personal selling). Strategi periklanan (advertising) produk TabunganKu yang dilakukan oleh BRI Syariah KCP Blitar, menggunakan media cetak yaitu banner, dan brosur. Untuk media elektronik masih berskala nasional, diseragamkan dan disamakan keseluruhanya. Dalam mempromosikan produk TabunganKu, BRI Syariah KCP Blitar sudah melakukan kegiatan periklanan (advertising) sesuai strategi periklanana (advertising). Harapan masyarakat dengan adanya periklanan (advertising) produk TabunganKu, dapat menarik perhatian masyarakat dan memberikan pengetahuan mengenai produk tersebut. Strategi penjualan pribadi (personal selling) produk TabunganKu, yang dilakukan oleh BRI Syariah KCP Blitar, sudah menerapkan stategi penjualan pribadi menggunakan strategi umum melalui CS (costomer servise). Strategi yang diterapkan kepada CS dalam mempromosikan produk TabunganKu, yaitu berkerja untuk ibadah, ikhlas dan memberikan manfaat. Seoramg CS diharuskan bersikap jujur, ramah, profesional dan memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah maupun calon nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:19
Last Modified: 04 Jun 2020 04:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item View Item