Implementasi Program Kerja Adiwiyata Sekolah dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa di MTs N 1 Ponorogo

Kusuma, Intan Widya (2020) Implementasi Program Kerja Adiwiyata Sekolah dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa di MTs N 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
INTAN WIDYA KUSUMA_SKRIPSI E-THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai sebuah lembaga, sekolah Adiwiyata diharapkan menjadi
media yang tepat dan ideal untuk menanamkan dan mendidik budaya positif
dalam mengubah pola pikir masyarakat dalam melindungi dan mengelola
lingkungan hidup. Merujuk pada konteks tersebut peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian di MTs N 1 Ponorogo dengan beberapa pertimbangan.
Pertama, MTs N 1 Ponorogo secara administrasi telah resmi mendapat
penghargaan sekolah Adiwiyata sejak tahun 2016 sebagai sekolah Adiwiyata
tingkat kabupaten dan tahun 2018 mendapat penghargaan untuk tingkat
provinsi. Kedua, siswa sudah diberdayakan dengan baik melalui berbagai
kegiatan partisipatif baik secara internal maupun dilakukan dengan
menggandeng pihak luar madrasah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah
sebagai berikut: (1) Bagaimana latar belakang pelaksanaan Adiwiyata di MTs
N 1 Ponorogo? (2) Bagaimana implementasi program kerja Adiwiyata dalam
membentuk karakter peduli lingkungan madrasah siswa MTs N 1 Ponorogo?
(3) Bagaimana implikasinya terhadap siswa dengan diadakannya Adiwiyata
di MTs N 1 Ponorogo?
Maka peneliti akan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,
dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Adapun proses
pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tiga
langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data (display), dan
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Latar belakang pelaksanaan
program adiwiyata MTs N 1 Ponorogo meliputi landasan yang jelas
berdasarkan surat keputusan yang terdiri dari 4 Menteri; dan komitmen pihak
madrasah yang menginginkan tempat belajar anak-anaknya adalah tempat
yang bersih, sehat, sekaligus menjadi pembelajaran bagi siswa untuk
mencintai lingkungan yang nantinya berimbas pada terwujudnya kelestarian
lingkungan. 2) Pelaksanaan program adiwiyata sekolah MTs N 1 Ponorogo
didasarkan pada 4 komponen program Adiwiyata sekolah, meliputi: kebijakan
berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan,
kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, pengelolaan sarana pendukung
berbasis lingkungan. 3) Implikasi program adiwiyata bagi siswa meliputi nilai
kepedulian, fungsi sosial, disiplin, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:22
Last Modified: 04 Jun 2020 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item