Penanaman Nilai-Nilai Etika Melalui Metode Keteladanan Di Mi Ma'arif Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Rokayati, Fitri (2020) Penanaman Nilai-Nilai Etika Melalui Metode Keteladanan Di Mi Ma'arif Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fitri Rokayati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rokayati. Fitri, Penanaman Nilai-Nilai Etika Melalui Metode Keteladanan di MI Ma’arif Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA.

Kata Kunci : Internalisasi, Etika, Metode Keteladanan.

Penanaman nilai etika peserta didik mempengaruhi sikap dalam melakukan aktivitas kegiatan didalam maupun di luar Madrasah. Kebanyakan dari mereka, kurang menerapkan ilmu ketika mengikuti pembelajaran, sehingga hasil yang ditunjukkan hanya sebatas paham nilai etika baik dan buruk tetapi belum menerapkan ilmu yang didapatkan. Keteladanan merupakan metode yang berpengaruh dalam pendidikan untuk mempersiapkan dan membentuk aspek moral, spiritual, etos sosial dan teladan yang baik dalam Islam. Peneliti melakukan penelitian ini di MI Ma’arif Ma’arif Polorejo yang merupakan salah satu Madrasah yang menerapkan pendidikan nilai etika.

Tujuan dari penelitian tersebut yaitu: (1) Menjelaskan penanaman nilai-nilai etika MI Ma’arif Polorejo dan (2) Mendeskripsikan penerapan metode keteladanan di MI Ma’arif Polorejo.

Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Polorejo dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik interaktif Miles & Huberman yang langkah-langkahnya yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai etika yang dibudayakan yaitu: (a) Membimbing sikap baik (tawaduk, menghormati orang lain, disiplin dan sopan santun) melalui berjabatan tangan antar sesama muhrim dan mengucapkan salam yang pada pagi hari guru dengan peserta didik yang masuk ke pintu gerbang sekolah, (b) Mendidik sikap berakhlak mulia peserta didik melalui hafalan Al-Qur’an dan Juz Amma’ sebelum pembelajaran dimulai + 20 menit pada jam mengajar tertentu, (c) Melatih sikap semangat keagamaan melalui sholat dhuha secara bergantian 3 kali seminggu dan (d) Mengajarkan menaati perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW melalui berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran setiap pagi dan siang hari oleh peserta didik kelas 1-6. (2) Penerapan metode keteladanan dilakukan dengan cara sebagai berikut: (a) Pembiasaan menjalankan ajaran keteladanan sesuai nilai etika Islam sehingga menumbuhkan kesadaran keagamaan, (b) Penggunaan metode yang mencapai tahap transinternalisasi. Namun terdapat beberapa peserta didik yang kurang menyadari pentingnya penerapan keteladanan Islam sehingga diperlukan metode lain yang dapat menjadikan motivasi dan pengontrol dari pengaruh negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:17
Last Modified: 12 Jun 2020 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item